Suaraindonesia1 - Miniatur Perpustakaan Nasional Bakal Hadir di Pohuwato



Suaraindonesia1, Pohuwato - Miniatur perpustakaan nasional (Perpusnas), yang di idam-idamkan oleh Pemerintah Daerah untuk masyarakat Kabupaten Pohuwato bakal direalisasikan melalui usulan program kepada Perpustakaan Nasional RI. 

Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, saat melakukan kunjungan langsung ke Perpusnas RI mengenai keinginan untuk menjadikan perpustakaan sebagai taman baca bagi masyarakat. 

Kedatangan itu diterima oleh Sekretaris Utama, Woro Titi Haryanti didampingi Deputi Bidang Pengembangan Sumberdaya Perpustakaan, Deni Kurniyadi, dan Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi, Ofy Sofiana.

"Alhamdulillah kami diterima dengan baik dan pemda dalam hal ini mengajukan proposal usulan program untuk mendapatkan anggaran pengisian gedung perpustakaan serta sarana-prasarana yang ada di dalamnya," ujar Suharsi (19/03). 

Untuk diketahui saat ini pengerjaan bangunan baru milik Disperpusip Pohuwato hampir selesai, sehingga diharapkan sarana penunjang berupa ketersediaan buku bacaan menjadi tolak ukur dari kemajuan perpustakaan itu sendiri. 

"Iya, pengisian peralatan di dalam gedung penting, supaya ketika selesai pembangunannya tentu sampai dengan isinya juga, itu yang kita harapkan. Minimal bisa mencerminkan sebagai miniatur Perpustakaan Nasional," harap Suharsi. 

"Artinya, apa yang dilihat di Perpusnas itu bisa juga ada di perpustakaan Pohuwato walaupun hanya sebatas miniatur saja," tambahnya. 

Tak hanya itu, Pemerintah Daerah dalam hal ini diwakili Suharsi Igirisa, juga mengusulkan agar Kabupaten Pohuwato mendapatkan bantuan mobil perpustakaan keliling, mengingat wilayah Pohuwato begitu luas terdiri dari 13 Kecamatan, dan 101 Desa serta 3 Kelurahan. 

"Alhamdulillah, mereka sangat respon baik apa yang kita harapkan, pihak Perpusnas RI juga mengucapkan terima kasih kepada Pemda Pohuwato yang sudah memulai pembangunan gedung baru perpustakaan daerah, dan berharap tidak bermasalah sampai pembangunan itu selesai," tutupnya

Abd. Azis