Membina Generasi muda, Kostrad Adakan Kemah Bakti Pemuda


SKRINews-Malang. 1500 Pemuda Pemudi Malang Raya turut ambil bagian dalam kegiatan Kemah Bakti Pemuda , berlokasi di Markas Komando Divisi Infanteri 2/Kostrad,  Singosari Malang ,Jumat - Minggu (29  Juni - 1 Juli 2018).

Kepada  SKRINews, Asisten Teritorial (Aster) Kolonel Infanteri   Divisi 2 Kostrad Erwin memaparkan," kegiatan yang baru pertama kali diadakan diJawatimur tersebut digagas oleh Pangdivif Kostrad , Mayjen TNI Dr. Marga Taufiq, S.H,M.H

"Ini adalah program yang mengaplikasikan seluruh kegiatan metode  pembinaan teritorial dari Bimtek,Komsos ,Binwanmil   dalam satu kegiatan serbuan teritorial dengan mengambil tema " kemah Bakti Pemuda",  Sasaran  generasi muda.

Kegiatan ini bertujuan membekali  peserta untuk.mengelola diri mereka sebagai komponen cadangan.

Narasumber adalah Dir Penindakan BNPT RI Brigjend Pol Hamli, Dirut Belanegara Laksma Faishal Dir Intelkam Polda Jatim,  Kabid Pencegahan BNN Provinsi, Dr. Diah, sedangkan motivator dari Komisioner KPAI , Siti.

Berbekal 4 materi tersebut diharapkan bisa menjadi stimulan bagi peserta, sehingga kedepan mereka bisa menularkan kepada pemuda dan orang disekitarnya tentang Bahaya Radikalisme, Bahaya Narkoba, dan Dampak hukumnya,sehingga akan tercipta  karakter dan mindset yang baik, disiplin, dan bertanggungjawab ."Kita menangkal dari Hulu, bukan dari hilir, tegas Erwin

Terlebih, Malangraya merupakan wilayah yang heterogen dengan memiliki sekitar  17000  mahasiswa , tiap tahun juga bertambah.

untuk itu perlu diberikan pembekalan, penanaman mental dan moral,dimana Pemerintah , TNI, dan Polri juga  bersama sama bertanggungjawab terhadap mereka.

Dalam giat ini, peserta adalah  Mahasiswa,Pelajar, Pramuka,Karang Taruna PMI,Ormas yang dibina oleh Kostrad, ditambah juga dengan ibu ibu Persit yang turut mendukung .

Perlu diketahui , Lanjut Aster , "Karena ini merupakan serbuan teritorial, Sejak 23 Juni lalu kami  telah melaksanakan giat anjang sana ,Donor darah,  Sunatan masal, Pembersihan sungai,   dan pengerjaan Bedah Rumah sebanyak 40 unit di Wilayah Singosari Malang dan juga pasuruan.

Selanjutnya dalam giat Kemah Bakti Pemuda, peserta juga dilibatkan dalam pengerjaan bedah rumah ,pengenalan Alutsista dan juga sejarah , imbuh Erwin.

Disinggung tindaklanjut pembinaan generasi muda di Malangraya, Erwin menyatakan pihaknya siap mendatangi secara berkesinambungan sekolah, Universitas maupun kelompok masyarakat ,  mengarah demi tercapainya generasi emas 2025

Terpisah, pendamping  dari Komunitas Bantuan Sosial Komunikasi Masyarakat( Baskomas) F. Hariyanto ,S T memberkan apresiasi atas terselenggaranya  kegiatan kemah yang menyasar para generasi muda.

Harapannya, kedekatan yang terjalin antara TNI dan para generasi muda  bisa menjadi motivasi dan membawa dampak manfaat bagi kegiatan mereka kedepan, tutur komandan Baskomas yang juga mendampingi 15 peserta generasi muda mewakili Batalyon Kesehatan (Yonkes) Divisi 2 Kostrad.
.Yud/Rin