Suaraindonesia1 - Upacara Adat Moloopu Sambut Bupati Pohuwato Terpilih



Suaraindonesia1, Pohuwato - Saipul A. Mbuinga, Bupati Pohuwato terpilih periode 2021-2026, disambut upacara adat Moloopu, Sabtu (27/02). 

Moloopu sendiri adalah prosesi upacara adat penjemputan Bupati terpilih dari kediaman pribadi ke rumah jabatan Bupati. 

Saipul A. Mbuinga, dalam sambutannya menyampaikan prosesi adat ini merupakan tahapan yang harus dilalui oleh seorang pemimpin sebelum melaksanakan aktivitasnya. 


"Provinsi Gorontalo dikenal dengan daerah adat, dimana seseorang yang akan memimpin sebelum melakukan aktivitasnya harus melalui tahapan-tahapan yang telah diatur secara adat," ujarnya. 

Menurutnya, ini adalah hal yang sangat baik karena mengandung nilai-nilai agama yang mengajarkan bagaimana saling menghargai dan menghormati dalam kehidupan bermasyarakat. 

"Tentu hal ini sangat baik dan mulia, karena kegiatan ini penuh dengan nilai-nilai agama dan budaya yang tujuan akhirnya adalah bagaimana kita dalam kehidupan bermasyarakat saling menghargai, menghormati dan saling membantu antara satu dan lainnya," jelas Saipul A. Mbuinga. 

Atas terselenggaranya kegiatan tersebut, Saipul, mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang terlibat.

"Atas terselenggaranya acara ini, saya mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh pihak yang terlibat dalam prosesi ini terutama para pemangku adat dan pegawai syar'i serta tamu undangan yang hadir," tuturnya. 

Terakhir dirinya menitipkan pesan kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Pohuwato, agar tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Protkes), dalam setiap aktifitas yang ada. 

"Atas nama pemerintah, kami menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Pohuwato, agar terus menerapkan Protokol Kesehatan dalam menjalankan berbagai aktifitas," Pungkas Saipul A. Mbuinga. 

Abd. Azis