BERBAGI DALAM KESEDERHANAAN MEMOTIVASI GENERASI PENERUS BANGSA




LOURA - SuaraIndonesia1.Com , Belum lama ini tepatnya pada bulan  maret 2024 kembali beberapa Sekolah Dasar yang berlokasi di wilayah kecamatan loura telah dikunjungi secarah pribadi atau gerak sosial dalam rangkah melakukan edukasi terutama tentang ikthisar dari beberapa perkembangan isu-isu di dunia pendidikan internasional di tahun 2023-2024 dan diindikasikan akan berkembang sampai beberapa tahun ke depan.


Maksud dan tujuan kunjungan gerakan sosial oleh kabid pariwisata , Gusti Wora adalah terutama tentang dampak perkembangan sekolah dalam hal kegiatan belajar mengajar , mengedukasi , memotifasi para siswa-siswi dan pengembangan karir para guru .


Kemudian melihat dampak perkembangan terkini tentang dunia pendidikan , bagi para pimpinan sekolah dan guru dalam edukasi tersebut didorong untuk meningkatkan kompetensi mereka secara berkelanjutan , mereka diharapkan mampu memanfaatkan peluang-peluang yang membantu mereka mengambil peran penting dalam karir dan juga menurutnya bahwa Guru masa kini dapat mempengaruhi kehidupan siswa dengan lebih banyak cara dari yang kita dapat bayangkan .



Program pengembangan karir guru sudah dibentangkan sedemikian rupa demi menjamin kualitas pembelajaran  sekaligus meningkatkan karir profesoinal guru , Prakarsa dukungan karir yang menjanjikan yang akan menenun keajaiban dalam kehidupan siswa pada khususnya untuk menjadi generasi penerus bangsa yang mampu dan berguna serta berkualitas bagaimana mengisi Peluang kemajuan ini sudah terbuka dan sedang menunggu untuk dimanfaatkan oleh para siswa-siswi maupun  guru yang akan mengukir karir mereka sehingga dapat melangkah ke jalur pengembangan profesional dan berkualitas dengan lebih mudah.


Bayangkan saat ini , dengan perkembangan teknologi sangat terkesan bagi para siswa-siswi maupun guru untuk  berada dalam posisi yang menguntungkan untuk memanfaatkan teknologi dalam pendidikan .


Anak-anak kecil sudah banyak memanfaatkan potensi pembelajaran mobile dan interaktif. Banyak sekali antarmuka pembelajaran komunitas yang memungkinkan siswa untuk berbagi pengetahuan melalui diskusi online tentang berbagai topik.


Dalam kunjungan tersebut Gusti Wora sebagai Kepala bidang Dinas Pariwisata kabupaten Sumba Barat Daya disela kunjungannya pada beberapa Sekolah Dasar yang berlokasi dikecamatan Loura menyampaikan bahwa diera digitalisasi terkini khususnya tentang dunia pendidikan bahwa semakin maju dan meningkat mutu dan kualitas dimana bahwa setiap sekolah sudah melakukan sepak terjang bagaimana untuk mengadakan web sekolah dengan berbagai alat lainnya demi mendorong peserta didik semakin giat belajar , sebutnya .


Disampaikannya bahwa dengan berbagai alat bantu yang sudah diupayakan sekolah  seperti adanya web sekolah dengan berbagai tayangan , vidio singkat serta komentar tertulis lainnya yang berkaitan dengan peningkatan kemajuan pentingnya pendidikan , para siswa melalui tayangan tersebut akan berbagi tanggapan dengan partisipasi dalam berbagi dialog pembelajaran semua pelajar usia mudah terkini dengan memiliki platform untuk mengekspresikan diri melalui platform pembelajaran kreatif , tandasnya .


Menurutnya Penggunaan teknologi pada era digitalisasi terkini untuk belajar dan mengajar datang dalam bentuk video screen capture khususnya pada peserta didik Ini diidentifikasi sebagai hal besar yang akan memungkinkan guru untuk menilai tugas siswa dan memungkinkan mereka untuk berbagi umpan balik yang dipersonalisasi.


Melalui video screen capture pendidik dapat merekam kuliah sekaligus menyoroti kekuatan dan kelemahan siswa dengan menampilkan tugas mereka secara online . Apa bila Para siswa dapat belajar hal-hal positif dan area perbaikan mereka melalui bentuk umpan balik online ini Kecenderungan menerima umpan melalui layar laptop ini akan berlanjut dan berkembang sebagai sarana yang menjanjikan untuk mekanisme pengajaran dan pembelajaran modern .


Oleh karena itu dalam berbagi edukasi secarah sosial walau radakan sebutnya , bahwa Konsep pembelajaran yang dipersonalisasi telah berkembang sedemikian rupa sehingga ia menyebarkan sayapnya ke semua bidang pendidikan dan Ketika kita bisa menggabungkan konsep ini dengan teknologi maka kita akan mendapat manfaat dari pendekatan pengajaran baru yang sesuai untuk semua siswa walaupun berbeda-beda tingkat kelas yang berbeda dengan menunjukkan cara berekspresi yang berbeda tetapi pembelajaran yang dipersonalisasi yang didukung oleh teknologi akan menjadi satu dan tren demi mewujudkan mutu dan kualitas serta menciptakan SDM dimana siswa akan terdorong untuk berkomunikasi , berkaloborasi dan bekerjasama satu dengan yang lain guna sebuah cita,cita dalam hal ini menjadi generasi penerus bangsa .


Juga kaitan dengan Obyek sekolahuntuk merajut budaya sekolah yang sehat  berdasarkan pantauannya kepada pimpinan sekolah di sampaikan bahwa Sekarang adalah saatnya untuk banyak memperhatikan budaya sekolah yang positif yang menjanjikan kehidupan yang sehat untuk semua  . Filosofi sekolah yang sehat adalah fungsi dari harapan baik  internal maupun eksternal untuk mempromosikan budaya sekolah yang sehat dan penting untuk menanamkan sifat kepemimpinan yang kuat di antara guru dan siswa dan dengan kunjungan edukasi sosial terutama tentang dunia pendidikan terkini yang sudah berdampak agar benar-benar mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkualitas , tutupnya ..............Eman Ledu .