Lorenzo Kuat, Vinales Seperti Roket, Tapi Rossi Favorit





PHILLIP ISLAND - Lama tak muncul. Juara dunia Superbike (WSBK) tiga kali bersama Ducati (2002, 2006, 2008) dan pernah meraup satu gelar seri plus tiga podium dengan Ducati di MotoGP, Troy Bayliss, nongol pada akhir pekan seri pembuka WSBK 2017 di Sirkuit Phillip Island, 24-26 Februari.

Rupanya, pria 47 tahun itu mendampingi putranya, Oli, yang ikut dalam balapan SuperSport 300 dengan Kawasaki ZX6-R milik tim Cube, sebagai rangkaian akhir pekan WSBK Australia 2017. Namun Troy yang kelahiran New South Wales, Australia, juga ikut serta dalam beberapa acara sponsor tim Aruba.it Ducati.

Situs GPOne pun menyempatkan diri menghampiri untuk berbincang dengan Troy, baik soal MotoGP dan WSBK 2017, hingga anaknya. Berikut petikan wawancaranya.

Apakah Anda mengikuti tes pramusim MotoGP 2017 pekan lalu di Phillip Island?
“Tentu, ada pertarungan yang hebat. Vinales terlihat baik, dia membuktikan jadi sebuah roket.”

Lorenzo dan Ducati sedikit kesulitan di sana. Berapa lama kita akan melihatnya kompetitif?
“Jorge kuat, tapi dia membutuhkan beberapa waktu lagi. Dia pasti bisa memenangkan beberapa balapan, tetapi saya tidak berpikir dia bisa bertarung memperebutkan gelar juara dunia.”

Bagaimana Stoner dapat membantu pembalap seperti Lorenzo?
“Saya tidak tahu, Casey selalu kuat dan di Sepang dia membuktikannya di hari pertama tes. Dia segera bisa cepat, sementara yang lain membutuhkan lebih banyak waktu. Tidak seorang pun bisa menggeber Ducati seperti yang dia bisa.”

Siapa yang akan Anda pasang dalam taruhan untuk gelar juara dunia MotoGP 2017?
“Valentino (Rossi), saya pikir dia terfavorit.”

Di seri pembuka WSBK 2017, Ducati kini punya Marco Melandri. Mampukah dia mengejutkan kita?
“Dia seorang pembalap yang sangat berbakat, memiliki mentalitas yang tepat, dan bisa langsung cepat. Ini mungkin jadi masalah bagi (Chaz) Davies untuk memiliki rekan setim seperti Marco.”

Banyak orang memprediksi (Jonathan) Rea dan Davies akan bertarung sengit di WSBK 2017. Menurut Anda?
“Jhonny adalah favorit, tetapi Chaz ada juga di sana. Dia (Chaz) perlu untuk mengumpulkan poin pada bagian pertama musim dengan konsisten dan menghindari kesalahan.”

Prediksi pemenang Race 1 WSBK Australia 2017, Sabtu (25/2)?
“Sangat sulit. Mungkin saya bisa katakan (podium finis) adalah Rea, Melandri, dan Davies.” (awd)

Sumber sindonewd