Eddy Kusuma Wijaya anggota komisi II DPR Fraksi PDI Perjuangan menyambut positif atas rencana Menpan RB menaikan Gaji PNS.

Skrinews, Jakarta – 30 Januari 2108

Pemerintah Jokowi  melalui Kementerian Perbedayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) berencana menaikkan gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) memastikan kesejahteraan PNS Seakan semakin meningkat.

Rencana ini mendapat sambutan positif dari Anggota Komisi II DPR RI Irjen Pol (p) Drs.H. Eddy Kusuma Wijaya. SH. MH. MM dari Fraksi PDI perjuangan

” Pasalnya, dalam UU Aparatur Sipil Negara diamanatkan tentang peningkatan kesejahteraan PNS Namun, selain kesejahteraan, profesionalitas PNS juga jadi keharusan.” Ungkap Eddy

Politisi PDI Perjuangan dari dapil Banten III ini mengatakan,” bahwa kenaikan gaji merupakan keharusan yang diharapkan oleh seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS). Apalagi kenaikan gaji  terakhir dilakukan pada tahun 2015 lalu, untuk itu saya berharap Menpan RB bisa segera mungkin merealisasikan, hanya saja, rencana ini harus dibarengi dengan hitungan yang matang dari Pemerintah terutama dalam kondisi anggaran keuangan negara.”

Pria yang akrab dipanggil Ekuwi ini memberikan beberapa catatan yang perlu menjadi perhatian bagi Pemerintah terkait rencana kenaikan gaji PNS.

“ Dilihat dulu kemampuan keuangan negara. Apa memang ada dana yang cukup tersedia untuk membayar peningkatan gaji. Memperhatikan tingkat inflasi, supaya daya beli pegawai tidak turun. Jangan Sampai kenaikan gaji diambil dari hutang,” penjelasan Eddy pada awak media  melalui selulernya.

Lebih lanjut politikus yang pro wong cilik ini  mengatakan, Dengan daya belanja  konsumsi yang bersumber dari pegawai yang cukup tinggi, bisa menjadi stimulan bagi perekonomian nasional.

” untuk itu harus ditingkatkan harkat dan martabat bangsa, standar gaji PNS, termasuk TNI / POLRI perlu kenaikan pada standart hidup yang layak, revolusi mental tak akan berjalan dengan baik apa bila kaum birokrat standar hidup nya tidak layak, korupsi tak akan bisa di berantas dengan baik walau pun ada KPK dan operasi saber pungli dan segala macamnya, nyata nya korupsi jalan terus.”

Para abdi negara atau PNS terkahir kali mendapatkan kenaikan gaji pada tahun 2015. Kenaikan gaji kembali diharapkan dapat terealisasi pada tahun ini.

” Jika kita memiliki kemampuan, PNS, dan TNI / POLRI harus menjadi target untuk kita naikkan kesejahteraannya,” imbuhnya.

By. Jerry Patty