UNIKNYA GUNUNG IJENG YANG TERKENAL DENGAN KAWAH.


Skrinews - Banyuwangi,
Gunung ijen yang terkenal dengan kawah nya, sedikit penjelasan tentang gunung ijen , gunung ijen ini masih aktif terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso,jawa timur ,indonesia .miliki tinggi 2443 mdpl kaldera kawah 960 meter x 600 meter dengan kedalaman 200 meter, juga keasaman yang sangat tinggi mendekati nol . Di malam hari hawa dingin bisa mencapai 2 drajat. Gunung ijen di kelilingi leh gunung lain yaitu gunung Rante (-+ 2664 mdpl), Gunung raung(-+3332 mdpl),gunung Suket(-+ 3333 mdpl),gunung Pendil (-+2950 mdpl). Itu sekilas info gunung ijen.

Pulul 20.00 wib kami sekeluarga berangkat ,cuaca hujan tak kunjung henti  tp keinginan tak menghalangi niat kami, kami ambil jalur jurusan kecamatan licin , banyusari, sesat kami melalui hutan gunung ijen sangat indah di malam hari terlihat pohon pohon menari seolaholah menyambut kedatangan pengunjung.sesampai di pos PHPA Paltuding kami semua istirahat , menanti jalur ke kawah ijen di buka.

Tepat pukul 2.00 wib jalur ke kwah ijen di buka ,kondisi jalur trekking menuju kawah ijen berupa tanah berpasir dan batu halus dengan sudut kemiringan bervariasi antara 10 sampai 35 derajat di tambah situasi gelap karena mengandalkan lampu senter membuat perjalanan mencapai kawah Ijen tidak bisa dilakukan dengan cepat.

Pukul 4 subuh siloet keelokan batu batu besar mengelilingi debu dan jejak pendaki bergabung dengan aroma belerang yang semakin tajam, senter dan head redyoleh cahaya yang lebih jelas . Kilatan flash dari kamera kamera jutaan rupiah silih berganti mengabadikan, api yang muncul dua puluh jam yang lalu tanpa henti , berwarna biru ketika gelap dan merah ketika hari terang, dari pangkal mengalir belerang cair erwarna merah maron kemudian mengerassetelah terkena udara dan berubah menjadi kuning pucat.

Berjam jam menghirup udara belerang sengatan dingin hingga kuku ujung separuh jari , otot betis terkuras melakukan perjalanan tak biasa, terbayarlah sudah semua apa yang kita lihat di depan mata.

Pukul 6 pagi ak di atas awañ , berkas sinar mentari pagi menerobos dinding kabut putih bèrsih, itu terkadang terlihat beriringan kadang terlihat diam , kadang tebal kadang tipis ,memamerkan bentuk abstrak dari imajinasi masing masing yang melihat nya. (YNT SKRINEW)