Hut Satpam Ke-38 Tahun 2018 di Polres Sumba Barat.

Sumba Barat Skrinews, Sesuai dengan  Telegram Kapolda  NTT,Nomor : ST/920/XII/ops 4.3/2018,tanggal 16 November 2018. Tentang,pemberitahuan memperingati Hut Satpan Ke-38 tahun 2018,yang dilaksanakan di Polres-Polres seluruh indonesia,yang secara serentak dilaksanakan pada tanggal 30 Desember 2018.
Minggu,tanggal 30 Desember 2018.Jam 09.00 Wita.Polres Sumba Barat  telah melaksanakan Upaca Hut Satpam Ke -38 Tahun 2018.Yang bertempat  di Lapangan Mapolres Sumba Barat.

Dalam upacara tersebut
Yang menjadi Irup adalah  Waka Polres Sumba Barat.Kompol I.Nyoman Budi Artawan S.H.,S.I.K.,M.H.Perwira Upacara  adalah Kasat Binmas Polres Sumba Barat,Iptu I.Nyoman Miasa.Komandan Upacara adalah KBO Intelkam Polres Sumba Barat.Ipda Ignasius Dangga.hadir dalam upacara diantaranya.
Perwira Polres Sumba Barat.Satau Peleton Lantas.Satu Peleton Dalmas.Satu Peleton.
Staf Polres.Satu Peleton Reskim dan Intel serta  Dua  Satpam

Amanat Bapak Kapolri, dalam rangka Hut Satpam Ke-38 Tahun 2018,yang di bacakan oleh Wakapolres sumba barat Kompol I.Nyoman Budi Artawan SH.S.I.K.M.H,bahwa Selaku Kepala Kepolisian Republik Indonesia,Saya mengucapkan selamat Ulang Tahun Ke-38 kepada seluruh personil Satuan Pengamanan di manapun bertugas.
Mementum ini kiranya dapat dijadikan sebagai sarana evaluasi terhadap eksistensi dan kinerja satuan pengamanan, guna pembenahan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan tugas di masa yang akan datang.
Kemajuan teknologi dan kemudahan distribusi informasi sebagai ciri dari globalisasi,ini
merupakan potensi besar bagi bangsa Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.Sedangkan pada nasional, bangsa indonesia tengah menyambut agenda pemilu tahun 2019, sebagai wujud dari pesta demokrasi,karena untuk pertama kalinya pileg dan pilpres akan di gelar secara serentak pada tanggal 17 april 2019.

Kondisi tersebut muncul beberapa potensi kerawanan yg harus di antisipasi,baik tahap kampanye,pemungutan, penghitungan, rekapitulasi suara, potensi pemanfaatan isu sara dan politik identitas, serta penyebaran  hoax dan hatespeech yang berpotensi konflik.

Sehubungan dengan konteks tersebut, peringatan Hut Satpam Ke-38Tahun 2019 ini  mengangkat tema "Pemuliaan Prosesi Satpam Indonesia Guna Mendukung Polri Dalam Pengamana Pemilu 2019.

Satuan pengamanan memiliki peran strategis baik dalam pemeliharaan kamtibmas di lingkungan kerja maupun dalam mendukung iklim investasi yang kondusif sebagai perhatian pemerintah guna memacu pertumbuhan ekonomi.Jaminan keamanan dalam lindungan badan usaha dan sektor industri.

Sehubungan dengan hal tersebut,kehadiran satpam sebagai mitra Polri dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, di tuntut semakin profesional. Satuan pengamanan harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat, serta melaporkan kepada pihak kepolisian untuk segera dilakukan langkah -langkah antisipasi. Untuk memajukan postur satpam yang semakin unggul dan profesional, maka perlu sistem manajemen sumber daya manusia yang optimal, peningkatan  kapasitas yang berkualitas baik pada kualifikasi Gada Pratama, Gada Madya maupun Gada  Utama.

Sebelum mengakhiri  amanat ini,terdapat beberapa hala yang perlu di sampaikan kepada seluruh Satpam untuk di pedomani dan di laksanakan Sebagai berikut:Senantiasa tingkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap  Tuhan Yang Maha Esa.
Jaga kehormatan pribadi dengan berpegang teguh pada kode etik dan profesi Satpam serta melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.Tingkatkan kesiapsiagaan diri dalam mengidentifikasi setiap potensi gangguan dan kerawanan pada lingkungan kerja, sehingga segera di antisipasi dengan optimal.Senantiasa meningkatkan kompetensi diri,baik melalui pendidikan maupun pelatihan, guna mendukung pelaksanaan tugas.Bangun komunikasi positif dengan seluruh komponen masyarakat, serta tingkatkan kerja sama,sinergis dengan jajaran Polri dan seluruh stakeholders lainnya dalam memelihara keamanan lingkungan kerja.

Dalam yang baik ini, selaku pimpinan Polri, saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh komunitas security, personil satpam, pimpinan BUJP segenap stakeholders terkait lainya atas dukungan kepada institusi Polri dalam menjaga stabilitas kamtibmas yang kondusif,semoga kerja sama ini dapat terpelihara dengan baik dan terus di tingkatkan.
 Demikian amanat saya, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuk kepada kita sekalian dalam melanjutkan tugas pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan Negara.akhir amanat kapolri yang dibacakan waka polres Sumba Barat.

Dengan demikian tindakan diambil yaitu, Seluruh anggota Sat Binmas mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan deng upacara hut satpam serta ikut serta dalam upacara tersebut di atas.Hasil yang dicapai diantaranya
kegiatan Upacara Hut Satpam antusias anggota Satpam Sangat besar untuk mengikuti Upacara Tersebut dan Mendapat Kebanggaan tersendiri kepada anggota Satpam.Seluruh anggota satpam berterimakasih kepada Polri karna telah di latih dan di didik menjadi Satpam yang handal serta menjadi panutan di tengah-tengah masyarakat.

Mustari