Kabag Sumda Polres Bitung Pimpin Latihan Dalmas



Skrinews - Bitung,
Bag Sumda Polres Bitung gelar pelatihan Fungsi Teknis Sabhara yaitu Pelatihan Pengendalian Massa (Dalmas), pelatihan ini untuk mengasah keterampilan dan kemampuan anggota dalam penanganan tindakan pertama di tempat kejadian perkara, dalam kegiatan pelatihan tersebut di pimpin oleh Kabag Sumda Polres Bitung Kompol Felix E. Aramana dan IPDA Yunus Etenggo sebagai instruktur pelatih Dalmas beserta Bripka Julaena Djuju yang berlangsung di halaman apel Mako Polres Bitung, Rabu (30/01/2019).


Salah satu bentuk peningkatan SDM adalah menambah porsi latihan pengendalian massa (dalmas), kegiatan latihan dalmas itu juga melibatkan anggota staf Polres dan Polsek jajaran atau disebut dalmas kerangka, dan anggota Sabhara Polres sebagai dalmas inti.


Sebelum melakukan latihan, personel diberikan penjelasan singkat (APP) oleh Kabag Sumda Polres Bitung Kompol Felix E. Aramana terkait materi pelatihan yang akan dilaksanakan, setelah menerima APP, personil mulai berbaris rapi dengan mengenakan sejumlah peralatan seperti tameng dalmas dan tongkat.


Kabag Sumda Polres Bitung Kompol Felix E. Aramana mengatakan latihan dalmas tersebut diikuti semua personel satuan Sabhara, Staf Polres dan anggota dari Polsek jajaran Polres Bitung, latihan itu merupakan kegiatan rutin sesuai waktu yang ditentukan dan dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan, sekaligus untuk mengingat kembali agar anggota semakin profesional dalam melaksanakan tugas-tugas di lapangan, anggota sudah memiliki gambaran apa yang akan dilakukan jika menghalau massa.

Jemmy Is