MENCEGAH TERJADINYA BANJIR SAAT HUJAN TURUN, WARGA DESA TUMBOHON KERJA BAKTI MASSAL





MINAHASA UTARA - Skrinews,
Drainase yang tertutup tumbuhan liar dan tanah bercampur pasir mmenyebabkan aliran air berjalan tidak lancar. Melihat kondisi itu, Babinsa Desa Tumbohon Kec. Talawaan Kopda Jefri Mandagi anggota Koramil 1310-04/Dimembe mengajak masyarakat melaksanakan kerja bakti, (28/1/2019).




Babinsa dan warga Desa Tumbohon dengan antusias yang tinggi bergotong royong membersihkan drainase atau saluran air. Menurut Kopda Jefri, ini dilakukan karena selama ini telah tertutup oleh tumbuhan liar dan menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir.

"Kami memilih membersihkan drainase ini karena selama ini menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir," ujarnya.




Tumbuhan liar dan tanah yang menutupi sepanjang aliran drainase membuat selokan/parit tersumbat dan bila hujan tiba, maka air meluap sampai ke halaman warga. Terlihat Babinsa bersama warga melakukan pembersihan, mereka motong dan mengangkat tanah dari parit yang selama ini menyumbat aliran air.

"Mari kita sama-sama kita jaga kebersihan drainase ini agar tidak terjadi banjir lagi," tutur Kopda Jefri kepada warga setempat.


Adapun yang hadir dalam kegiatan, Camat Talawaan Bpk Herman Mengko, S.IP, M.Si, Hukum Tua Ibu Emmy M. Pantouw, Babinsa Kopda Jefri Mandagi, Sekdes Ibu Deby Mailangkai, Kepala Jaga 1 s.d 4, Tokoh agama (Pdt. Butler, Pdt. Jenglen Kawung, Pdt. Jefri Laow), Linmas, Kajapol Bpk. Moningka Sibi dan masyarakat.

Alfian Umar