DIPRIORITASKAN UNTUK KEMAJUAN DAN KEBAIKAN MASYARAKAT KEMA DI TAHUN 2020, DIBAHAS PADA MUSRENBANG KECAMATAN


MINAHASA UTARA - Skrinews,
Bertempat di Kantor Kecamatan Kema Kab. Minahasa Utara telah dilaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Kema, dihadiri Serka Aske Suoth mewakili Danramil 1310-05/Kauditan, (11/2/2019).


Hadir dalam Musyawarah, Camat Kema Vilma Antoni, Kabid Bapelitbang Kab. Minut Josefin Rooroh, Danramil 1310-05/Kauditan yang diwakili oleh Serka Aske Suoth, Dinas Kesehatan (Puskesmas Kema) Dr. Amelia Runtu, Dinas Pendidikan Kab. Minut Albert, seluruh Hukum Tua se-Kecamatan Kema dan seluruh Sekretaris Desa se-Kecamatan Kema.


Adapun hal penting yang dimusyawarahkan serta penyampaian-penyampaian antara lain, penyampaian Camat Kema yang intinya, adalah mengucapkan terima kasih kepada dinas terkait unsur Tripika yang hadir dan seluruh Hukum Tua serta perangkat Desa se-Kecamatan Kema.

"Harapan bahwa pembangunan di Tahun 2020 nanti, bisa lebih banyak dan lebih baik demi kesejahteraan masyarakat Kecamatan Kema," katanya.

Penyampaian dari Bapelitbang Josefin Rooroh menyampaikan, didalam melaksanakan rencana pembangunan Kec. Kema kedepan, awal yang perlu kita perhatikan adalah masalah pembebasan lahan/pembebasan tanah agar pada pelaksanaan pembangunan nanti tidak ada permasalahan. Dan rencana pembangunan diprioritaskan pada pembagunan fisik dan non fisik seperti jalan produksi jalan daerah jalan nasional/provinsi.

"Jika ada pembuatan Drainase yang dibuat dijalan nasional, Hukum Tua di desa tersebut harus membuat provosal karena berkaitan dengan dana yang harus dipertanggungjawabkan dengan baik dan benar," tandasnya.


Pada kesempatan itu, Para Hukum Tua mengutarakan usulan-usulan berupa, pembuatan bronjong ke pantai, kalau bisa dana diambil dari dana desa saja tidak perlu ke dana provinsi; Mengusulkan rencana pembagunan wisata air terjun; Mengusulkan rencana pembangunan Pemecah Ombak; Mengusulkan pembuatan jalan tembus menuju Desa Watudambo; Mengusulkan untuk pengadaan mobil sampah untuk Kec. Kema dan Mengusulkan akses jalan Desa Rorok menuju ke Desa Watudambo agar tidak melewati jalan Kota Bitung.


Serka Aske Suoth menyimpulkan bahwa, tujuan rapat musrembang ini adalah tepat guna dan rencana pembangunan kedepan harus mengusulkan dana yang besar demi kemajuan dan kebaikan masyarakat Kema, ungkapnya.

Tommy Tanga