Jumlah Pasien DBD Yang Dirawat Di RSUD 25 Orang



Sumba Barat skrinews,
Dari bulan Januari sampai Februari hanya 25 orang terserang demam berdarah berdasarkan jenis kelamin laki-laki dan perempuan,pada usia anak-anak ,dewasa maupun lanjut usia.Berdasarkan usia yang terbanyak terserang DBD yaitu anak - anak.
Direktur RSUD Waikabubak Dr.Baringin pasaribu pada media ini menjelaskan Penanganan yang di berikan Di RSUD waikabubak adalah pemberian Cairan,penurun panas, vitamin dan pemberian asupan makanan yang cukup.Dan sampai saat ini belum ada yang meninggal,semua pasien pulang dalam perbaikan.ungkap direktur RSUD Waikabubak.

Kami sudah melalukan pelayanan terbaik bagi pasien deman berdarah (DBD) maupun pasien yang lainnya,pelayanan harus merata tidak memilih kasih kepada  siapa saja,agar penyakit yang di derita semua pasien dapat lekas sembuh,bentuk ini kami rumah sakit bekerja dengan mengedepankan pelayanan yang maksimal.jelasnya.

Lebih lanjut dia katakan,
Demam berdarah dengue atau DBD adalah penyakit yang cukup sering terjadi di Indonesia.Sebabnya penyakit ini muncul karena gigitan nyamuk Aedes aegypti yang sering ditemui di daerah tropis seperti Indonesia.
Sebenarnya demam dengue dan demam berdarah adalah 2 hal yang berbeda.Menurut beberapa penelitian, demam berdarah dengue diawali dari demam dengue yang kemudian memunculkan komplikasi menjadi dengue hemorrhagic fever atau demam berdarah dengue atau DBD.Ketika tidak ditangani dengan baik, demam dengue akan memunculkan beberapa gejala.Umumnya gejala demam berdarah yang terjadi adalah naiknya suhu tubuh menjadi sangat tinggi, sakit kepala, nyeri sendi dan nyeri otot. Dalam level yang parah,gejala demam berdarah meliputi kerusakan pada pembuluh darah dan kelenjar getah bening, muntah darah, keluarnya darah dari gusi dan hidung,sulit bernapas, dan pembengkakan organ hati yang menyebabkan nyeri di perut.Gejala demam berdarah pada anak-anak
cukup sering terjadi. Bahkan seringkali penyakit ini merenggut nyawa anak-anak yang tidak ditangani dengan baik.Jika di level ringan ini, demam berdarah tak kunjung diobati, bisa muncul gejala demam berdarah berikutnya.

Demam tinggi hingga mencapai 40 derajat celcius Sakit kepala Mual dan muntah Pembengkakan pada kelenjar Nyeri di bagian belakang mata Nyeri pada tulang,otot,dan sendi Bintik-bintik merah di beberapa bagian tertentu,Pada kondisi tertentu,gejala demam berdarah di level tinggi ini akan memicu sindrom syok dengue yang dapat mengancam nyawa karena rawan terjadi kebocoran pembuluh darah dan penurunan jumlah trombosit. Sindrom ini disertai dengan gejala demam berdarah seperti pendarahan di gusi dan hidung, sulit bernapas, lemah, muntah, keringat dingin,dan nyeri parah di bagian perut.

Harapannya agar semua kita dapat menjaga pola makanan,karena curah hujan saat in sangat tinggi,Kami sebagai pelayan bagi masyarakat untuk kesehatan akan maksimal untuk memberikan obat sesuai penyakit yang di derita pasien,di minta kepada kita semua untuk selalu membersihkan lingkungan sekitarnya. Sehingga terhindar dari penyakit,tutur direktur RSUD waikabubak.

Mus