Rapat Forum Public Rancangan Awal RPJMD



Sumba Tengah Skrinews, Senin tanggal 08 Februari 2019 Pukul 09.20 s.d 13.30 WITA di Aula Bappeda Kabupaten Sumba Tengah, Kompleks Pemerintahan Makatul-Waibakul Kab. Sumba Tengah.Telah berlangsung rapat Forum Publik Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Sumba Tengah Tahun 2018-2023.Dipimpin oleh Bupati Kab.Sumba Tengah didampingi oleh Kepala Bappade (Dr. Ir. Martinus Djurumana, Msi). Dengan jumlah peserta yang hadir berjumlah ± 200 orang.

Hadir dalam kegiatan
Bupati Sumba Tengah (Drs. Paulus Limu)
Asisten III (Umbu Eda Pajango, Spd).Staf Ahli (Ir.Umbu Katanga dan Ibu. Dr F.A Frans).Kepala Dinas Perikanan (Ir. Umbu Kuralena)
Kadis Kearsipan dan Perpustakaan (Umbu Sulung, S. Sos).Kepala Badan Keuangan Daerah (Ibu. Keda Rambu Katta, S.Si).Kadis Kesehatan (dr. Oktavianus Deki)
Kepala Kepegawaian Pendidikan dan Latihan (Drs.Yohanes Umbu Janga).Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Drs. G. Sabarua).Kepala Satpol PP (Kristo Sabarua, S. STP).Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Drs.Supraing Umbu M. Marisi).Kepala Badan Keuangan (Keda Rambu Kata, S.Si)Kepala Dinas Sosial (Drs. Laiya Sobang)Kepala Dinas PPO (Drs. Boni Umbu Buliora)Sekretarus Inspektorat (Ledu Kawara)Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Raja Muda, S.PT)Kepala Bagian Tatapeng (Adris Saba Ora, SH)Kepala Bagian Humas dan Protokoler (Yulens E. Balu, S.STP)Kepala Bagian Umum (Umbu Magawi, SH)Camat Se-Kab. Sumba Tengah
Kepala Desa Se-Kab. Sumba Tengah.Kepolsek Kec.Katiku Tana dan Kec.Mamboro.
Perwakilan Koramil 1613-05/Katiku Tana

Penyampaian Bupati Kab. Sumba Tengah (Drs. Paulus Limu),antara lain
Penyampaian visi dan misi Kab.Sumba Tengah yaitu Visi (Sumba Tengah Sejahtera,Berkarakter dan Berdaya Saing) dan Misi yaitu:Meningkatkan kapasitas aparatur dan tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan profesional serta berjiwa melayani.Mewujudkan masyarakat Sumba Tengah yang cerdas, trampil dan berdaya saing melalui penyelenggara pendidikan yang memadai dan berkualitas dan dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat.

Mewujudkan masyarakat Sumba Tengah yang sehat melalui peningkatan kualitas pelayanan kesehatan yang terjangkau.
Meningkatkan pembangunan Infrastruktur untuk menjamin askebilitas dan peningkatan usaha produksi.Mewujudkan masyarakat Sumba Tengah yang berbudaya, tenteram dan berkepribadian.Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan sistem produksi pertanian dan peternakan yang berkelanjutan dan tangguh serta menumbugkembangkan usaha peningkatan perekonomian masyarakat.

Rencana pembangunan Sumba Tengah berjangka panjang 20 tahun dari tahun 2009- 2029.
Dengan rencana pembangunan menengah tingkat propinsi dan pusat.
Mendapatkan masukan dari berbagai Stakeholder agar lebih lengkap didalam pelaksanaan pembangunan jangka menengah maupun jangka panjang Kab. Sumba Tengah. sehingga dapat di simpulkan adanya 6 misi, 37 tujuan dan 41 sasaran.akhir sambutan bupati

Penyampaian dari Kepala Bappeda (Dr. Ir. Martinus Djurumana, Msi),Bahwa Kepala Balitbangda sebagai Leader sektor mengkoordinir awal dari ranwal RPKMD agar semua pemangku kepentingan yang di Kab. Sumba Tengah bisa melaksanakan secara berjenjang sesuai dengan tahap yang sudah direncakan.

Dari dialong dengan para undangan dapat petik beberapa catatan yang sangat cocok dengan potensi Kab. Sumba Tengah sebagai Kabupaten yang bermisikan Tana Wai Kanena Luku Wai Kalala.
Yaitu pariwisata dikelolah sebagai produk andalan daerah kedepannya.Bidang keamanan agar bersama dengan pihak yang berwenang mampu menangani setiap permasalahan dengan lebih intensif.imbuh kepala Bappeda

Markus