HUT BHAYANGKARA KE 73 POLRES BUKITTINGGI MENILAI POS KAMLING



SKRINEWS BUKITTINGGI
Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan) merupakan pengamanan swakarsa yang berasaskan kegotong royongan yang menjiwai masyarakat itu sendiri. Dengan adanya Pos Kamling sebagai sarana yang cukup efektif untuk menjaga keamanan lingkungan sekaligus sarana menjalin keakraban antar warga masyarakat.

Untuk itu, dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-73 tahun 2019, Polres Bukittinggi menggelar lomba penilaian Pos Kamling di wilayah hukum Polres Bukittinggi, yang penilaiannya dimulai pada hari Jumat tanggal (28/06).  Dalam kegiatan tersebut Polres Bukittinggi membentuk tim penilai yang dipimpin oleh Kasat Binmas Polres Bukittinggi. Dengan lomba pos kamling itu diharapkan bisa memacu semangat warga masyarakat untuk menjaga lingkungan dari ancaman gangguan Kamtibmas.

Kapolres Bukittinggi Akbp Arly Jembar Jumhana,Sik.MH melalui Kasat Binmas Akp Reddy Triananto, SH.MH menjelaskan beberapa kriteria penilaiannya, meliputi beberapa kriteria yaitu kondisi kelayakan dan letak posisi Pos Kamling, kebersihan dan kerapian Pos Kamling meliputi kondisi bangunan terbuat dari bangunan permanen atau dari papan, adanya ruang jaga dan MCK, terang Kasat Binmas.

Kemudian kriteria selanjutnya yaitu peralatan di Pos Kamling seperti kentongan, pentungan/ tongkat, Senter, Lampu emergency, borgol / tali pengikat, Kotak P3K, Ban Kamling, Alat pemadam kebakaran, buku mutasi penjagaan, jam dinding, jas hujan, pengeras suara, peta wilayah, papan nama Poskamling, alat komunikasi HP dan HT, Daftar Call Center, kemudian kriteria Perlengkapan perorangan petugas ronda dan yang terakhir keaktifan masyarakat dalam pelaksanaan Siskamling," jelas Kasat Binmas Akp Reddy Triananto,SH.MH

Untuk memudahkan penilaian, panitia dari Polres Bukittinggi bekerjasama dengan Polsek sehingga setiap wilayah ditunjuk satu perwakilan Pos Kamling mewakili tingkat kecamatan untuk dinilai. Untuk waktu penilaian, sengaja dilaksanakan pada malam hari.

"Kita tingkatkan kondusivitas keamanan di daerah agar warga merasa nyaman dan aman dengan digelarnya ronda malam. Semoga lomba Pos Kamling ini dapat memacu semangat warga masing-masing masyarakat dalam menjaga situasi Kamtibmas yang aman, nyaman dan kondusif," jelas Kasat Binmas.

Kasat Binmas mengharapkan keaktifan Pos Kamling jangan pada saat akan dilakukan penilaian saja namun dapat aktif setiap saat. Untuk pengumuman pemenang dan penyerahan penghargaan akan dilaksanakan seusai upacara HUT Bhayangkara ke-73.




Editor Hendra
Penulis Mudisimaryono