APEL GELAR PASUKAN OPERASI PATUH TURANGGA 2019



Liputan Mustari Skrinews com

Dalam gelar pasukan operasi patuh Turangga dilapangan Polres Sumba Barat dengan Tema,Meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat guna mewujudkan Kamseltibcarlantas diwilayah hukum Polres Sumba Barat,turut hadir Wakil bupati,Kapolres dan Wakapolres,
kasipidum,Kasdim
perwira polres,anggota kodim,Dishub,Kamis (29/8/2019)

Amanat Kapolda yang dibacakan Wakapolres Sumba Barat I.Nyoman Budi Artawan S.I.K.SH.MM,
Permasalahan lalulintas saat ini telah berkembang cepat dan dinamis,hal ini sebagai konsekuensi meningkatnya kendaraan bermotor dan populasi penduduk.

Polisi lalulintas terus berupaya melaksanakan program kapolri yang disebut Promoter,(profesional,mederen terpecaya).Sesuai UU 22 nomor 2009,tentang lalulintas angkutan jalan raya kita di harapkan untuk,"Mewujudkan dan memelihara keamanana
keselamatan,kelancaran serta ketertiban berlalulintas.
"Meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan berlalulintas.
"Membangun budaya tertib lalulintas
"Meningkatkan kualitas pelayanan kepada Publik.

Keempat harapan ini hal kompleks tidak bisa ditangani oleh polantas sendiri,melainkan sinergitas antara pemangku kepentingan mencari akar masalah harus di terima dan di jalankan semua pihak.
Berdasarkan program decade of action for today safety 2011-2020(Doa) aksi decade keselamatan yang telah di canangkan (PBB).

Program Nawacita Presiden RI Joko widodo adalah menghadirkan kembali Negara untuk melindungi segenap Bangsa.Salah satu program Nawacita Presiden dengan kesebelas program prioritas Kapolri yaitu'Promoter,profesinal,moderen dan terpecaya.Program kesebelas yaitu quick wins polri didalam pelaksanaan di tengah-tengah masyarakat dan polisi sebagai penggerak revolusi mental dan pelopor keselamatan di ruang Publik.

Data jumlah kecelakaan lalulintas operasi patuh 2018 sebanyak 68 orang.Jumlah meninggal dunia operasi patuh 2018 sebanyak 17 orang
mengalami peningkatan 7 orang atau 70,00% di bandingkan 2017 sebanyak 10 orang.Jumlah luka berat operasi patuh 2018 sebanyak 16 orang mengalami peningkatan sebanyak 9 orang atau 112,50% di bandingkan tahun 2017 sebanyak 8 orang.jumlah pelanggaran 2018 sebanyak 3.342 mengalami penurunan 8,68% dari tahun 2017  jumlah pelanggaran 3,769.

Kapolri telah menetapkan kelender operasi rutin dilaksanakan selama 14 hari mulai tanggal 29 Agustus sampai 11 September 2019 serentak seluruh Indonesia.

Sasaran operasi patuh 2019 yaitu"
1.Pengemudi menggunakan henpone
2.Pengemudi melawan arus
3.Pengedara sepeda motor berboncengan lebih dari satu
4.Pengemudi di bawah umur
5.Pengemudi dan pengguna sepeda motor tidak menggunakan helm dan SNI
6.Pengguna sepeda motor menggunakan Narkoba/Mabuk
7.Pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang di tentukan.

Penindakan pelanggaran lalulintas tersebut  di atas maka operasi patuh tahun dapat menekan jumlah korban dan meminilisir kemacetan lalulintas kamseltibcarlantas yang mantap.Selamat menjalankan tugas kepolisian dengan sandi operasi patuh 2019.Akhir amanat Kapolda dibacakan Wakapolres Sumba barat

Nusa Tenggara