Skrinews - Angota Kapospol Sotek, Bripka Irwan Sudarmawan Mengajak Warga Binaanya Tidak Bergantung, Pada Suber Daya Alam (SDA)



Skrinews.com Penajam, Kaltim  -  Bripka Irawan  Sudarmawan mengajak warga binaanya tidak bergantung pada Suber Daya Alam (SDA) karena suber daya alam akan habis.

“Saya sangat mengharapkan masyarakat kita Khususnya Warga Kelurahan sepan, kepadanya tidak lagi bergantung dengan alam, tetapi mulai berpinda kepertanian,” Tegas Bripka kepada Media ini.

Bripka Irwan mengakui, mengubah kebiasaan masyarakat yang bergantung dengan Alam tidak mudah, namun membutuhkan kerja keras untuk merubah kebiasaan tersebut. Untuk itu pihaknya akan selalu berusaha mengajak masyarakat untuk kembali kepada pertanian jangka pendek, berkebun sayur-sayuran jangka menega tanaman jagung padi gunung serta berkebun jangka panjang,seperti,membuat kebun sawet, kebun karet dan lain-lain,” ucapnya
“ saya bersama angota yang lain mendatangi beberapa masyarakat untk berdialog ringan tentang bahayanya membakar kebun,serta memberikan masukan bahwa Suber Daya Alam (SDA) seperti Kayu rotan, akan habis. Kalau tidak mulai sekarang merubah cara berusaha kita..,”jelasnya
Madia ini berhasil mewawancarai warga Sotek Imran (45) “ Ia pak , Pak Irwan dan Angota Pospol yang lain sering menasehati kami dan warga yang lain untuk segera meruba cara berusaha dari meramba hutan menjadi petani. Memang semua Angota Pospol Sotek Itu selalu mengajak warga binaanya berkebun sayur-sayuran dan berkebun jangka panjang seperti kelapa sawet kebun karet.
“ memang tidak mudah pak meruba kebiasaan orang, tapi saya heran Angota Pospol itu tidak ada putus asanya menasethati warganya untuk tidak mengantungkan mata pencaharian mengadalkan dari hutan. Semua angota Pospol diSotek suda kayak keluarga sendiri, tidak ada batas warga memita bantuan kepada mereka. Sedangkan saya sendiri hapir setiap ketemu dengan beliau pasti menayakan supaya berkebun,” Cerita dia Imran.
Senada yang di sampaikan Sugeng (40) warga pendatang saya kerasan hidup disini pak masyarakatnya semua rukun,ditamba pembinaan dari Angota Polisi, disini rama-rama seperti bukan Polisi suda kayak keluarga besar. Saya dulu sering di ajak pak Irwan membantu menanam kelapa sawet di kebunya.
Dulu pak irwan punya 1 (satu ) hektar kebun sawet, tapi karena dia rajin berkebun, kalau ada waktu dan tidak ada kegiatan dan tugas,dia pasti ada di kebun sawetnya saat ini dia suda punya sekitar 6 hektar kebun sawet. Saya dulu pekerja kayu pak, sekarang saya berkebun juga menanam  sayuran  ada juga tanaman sawet dan kerja serabutan itu semua ,” Pungkasnya.