Skrinews - MENJELANG AHIR TAHUN STOK JAGUNG DI KOTA BALIKPAPAN MELIMPAH, PEMKOT SEBUT MEMANEN RIBUAN JAGUNG DIKEBUN

Wali Kota balikpapan di dampingi istri sedang panen jagung 


Skrinews.com, Balikpapan, Kaltim   -  Menjelang ahir tahun stok jagung di Kota Balikpapan melimpah, pemkot sebut panen ribuan jagung dikebun.
Sudah menjadi tradisi dalam menjemput tahun baru, menu jagung bakar jagung rebus menjadi menu wajib, di setiap pengantian tahun. Tak heran pedagang jagung pun marak di sepanjang jalan Kota Balikpapan.
Tak mau ketinggalan dalam moment tersebut Pemkot Balikpapan pun memanen ribuan jagung di kebun jagung Bedali IV Gunung Bahagia, Kecamatan Balikpapan selatan , selasa (31/12/2019).
 Heria Prisni Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan perikanan (DP3) BNalikpapan mengatakan untuk stok jagung menjelang tahun baru di Kota Balikpapan sangat mencukupi. Di Balikpapan ini banyak petani jagung  terbanyak di Wialay Lamaru dan karan joang yakni di Balikpapan Timur dan Balikpapan Utara.
“ Kalau saat ini panrn jagung sebanyak 2.000-3.000 tongkol, nanti teman-teman PKK dan sebagainya kita panen sendiri. Jagung itu di tanam  dari tiga bualan yang lalu bibitnya kita beli yang asli memang jagung manis,” kata kadis pangan
Menurut Kadis Pangan. Heiria, untuk tanam jagung ini karena kebiasaan tahun baru, setela tanam  jagung akan di ubah menjadi tanaman sayuran untuk persiapan hari Kesatuan Gerak PKK yang berpusat di Kota Balikpapan.
 Setela itu akan diganti dengan tanaman sayur klarena jagung itu panennya hanya tiga bulan  sekali. Panen jagung ini karena  menjelang tahun baru, hanya untuk silaturahmi, bukan untuk menekan harga,” ungkapnya
Sejauhn ini persiapan jagung di Kota Balikpapan sekali panen 6 - 7 Ton  petani jagung pun banyak,” jadi tidak perlu kuatir. Lokasi kebun jagung di wilaya Balikpapan sangat luas totalnya ¾ hectare lahan pemerintah sebelumnya hanya tumbuhan ilalan saja. Di kota Balikpapan suda tidak ada lahan tidur, sebab bayak petani pendatang pijam pakai kepada pemilik lahan,” ujarnya. (spr)