Skrinews - Kegemaran aplikasi masa kini yang menghasilkan cuan

Oleh Ayu tri wulandari dan yulia erlinda putri
Fakultas ekonomi dan bisnis
Universitas muhammadiyah malang


Skrinews.com_
Kehidupan manusia yang berawal dari kehidupan sederhana kini telah berubah menjadi semakin canggih seiring dengan berkembangnya zaman. Yakni dapat kita ketahui bersama bahwa kita telah memasuki era 4.0 menuju 5.0. Dan era ini canggihnya informasi dan komunikasi sangat berkembang pesat, segala pekerjaan apapun bisa dilakukan dengan mudah dan juga praktis. Teknologi informasi dan komunikasi mampu memberikan manfaat untuk semua orang. Informasi yang semakin canggih membuat semua orang dengan mudah dan cepat mengakses dan menerima informasi.
Sekarang berbagai macam media telah disuguhkan untuk membantu manusia dalam berinteraksi secara luas. Salah satunya adalah media masa yang bisa diakses di segala penjuru dunia dan mendapat informasi dengan mudah dan cepat. Tak hanya itu media masa juga mampu digunakan sebagai ajang berkreasi, berinteraksi, mengembangkan ilmu dengan berbagi informasi terkini, berekspresi hingga bisa digunakan sebagai ajang hiburan untuk menghilangkan penat.
Untuk itu, terciptalah aplikasi-aplikasi yang semakin menarik dan semua orang berlomba-lomba dalam menggunakannya. Aplikasi-aplikasi tersebut telah dibuat dengan berbagai fitur dan fungsi. Salah satunya aplikasi membuat video yang bisa digunakan hanya sekedar hiburan, berekpresi, hingga berkreasi. Pasti sudah tak asing lagi dengan aplikasi yang sedang booming dan ngetrend saat ini dikalangan anak anak, remaja hingga dewasa  yaitu tiktok. Apasih titok itu ? Tiktok adalah aplikasi yang buatan dari Negara tirai bambu sebut saja Negara China yang bisa digunakan untuk merekam, mengedit dan bisa di unggah di social  media. Tak hanya bisa dibagikan ke teman saja melainkan bisa dibagikan di seluruh penjuru dunia. Selain cara menggunakan aplikasi ini dengan merekam dan mengedit, aplikasi ini juga menyuguhkan filter filer cantik dan menarik. Adanya special effect dalam pembuatan video, tentu akan memberikan keunikan pada video buatan tersebut. Kemudian yang membedakan aplikasi ini dengan yang lain adalah di sajikannya fitur music yang memudahkan kita dalam membuat video yang menarik dan lucu. Dan tentunya kita tidak perlu susah lagi untuk mengedit video.
Aplikasi tiktok ini juga dapat sebagai sarana atau ajang dalam mempopularitaskan diri. Maksud dari pernyataan tersebut adalah jika pengguna mendapat like, comment, dan followers yang banyak maka akan menaikkan popularitas pengguna tersebut. Dan pengguna tersebut mendapat julukan sendiri yakni mereka biasanya disebut sebagai seleb tiktok. Beberapa manfaat yang didapat jika pengguna tersebut mendapat like, comment dan followers yang banyak adalah yang pertama tentunya mereka dapat mengekspresikasan diri dari mulai bernyanyi, dance atau gerakan lainnya. Dan yang kedua adalah popularitas. Setelah mereka mendapat popularitas di aplikasi tiktok maka sebagian besar seleb tiktok juga akan mendapat popularitas dan followers yang banyak di Instagram. Karena pengguna tiktok pasti juga menggunakan Instagram. Untuk itu, jika sudah mendapat popularitas di Instagram,pengguna tersebut akan mendapatkan endorsement dan dibayar oleh olshop-olshop yang ingin meningkatkan usaha bisnisnya. Maka dari itu, sekarang tiktok sangat digandrungi dan menjadi sarana hiburan maupun mencari keuntungan dari mulai kalangan anak-anak, remaja maupun dewasa.