Skrinews - UPAYA PEMERINTAH DALAM MENGAHADAPI VIRUS CORONA DI INDONESIA

Syaifullah ismail
Universitas muhammadiyah Malang,
 fakultas ilmu sosial dan ilmu politik
Jurusan ilmu pemerintahan



Skrinews.com - Virus corona diases atau bisa disebut dengan Covid-19 sudah measuki keseluruh dunia salah satunya di Indonesia  nah sampai sekarang virus ini makin bertambah disetiap minggunya.  Akhir tahun 2019 virus ini mejadi viral karena banyak yang mengatakan bahwa virus ini muncul dari negara China dan virus ini sanagat berbahaya karena virus ini dapat menyebarkan dengan cepat tertularnya di setiap manusia, sampai saat ini dari berbagai negara penat dapat mencegah dengan adanya virus diakhir tahun ini.
Disini yang saya pertanyakan muncul virus ini dari mana ? kemudian apakah virus ini muncul karena sebagai alat untuk mengehancurkan ekonomi global ? tidak dapat  banyak yang diketahui, akan tetapi dari berbagai negara hanya mencegah dengan adanya virus ini, namun virus ini masuk ke Indonesia sempat, namun ada beberapa untuk mencgeahnya virus corona upaya pemerintah dalam menanagani ini Thermo scaner, pemerintah telah mengaktifkan 135 unit Thermo Scanner di pintu-pintu kedatangan internasional di berbagai bandara yang memungkinkan warga asing masuk ke Indonesia. Dengan alat Thermo Scanner tersebut, petugas dapat mengetahui tingkat suhu tubuh seseorang. Sehingga, dapat diketahui apa penyebab tubuh mereka tinggi. Tidak hanya itu, sejumlah mekanisme pemeriksaan juga telah disiapkan dan akan dikenakan pada setiap pendatang yang tiba di Indonesia.
Kemudian permerintah juga  membuat kebijakan larangan terbang nah larangan terbang ini Upaya pencegahan kedua adalah pelarangan penerbangan 2 maskapai Indonesia, yakni Lion Air dan Sriwijaya Air, dengan tujuan Wuhan, Provinsi Hubei, China yang menjadi pusat persebaran wabah infeksi. Lalu langkah selanjutnya yang ditempuh Pemerintah Indonesia untuk melindungi warganya dari infeksi virus yang sejauh ini sudah memakan lebih dari 200 jiwa di China ini adalah dengan cara melakukan evakuasi WNI yang berada di wilayah krisis. Wilayah krisis yang dimaksud adalah kota Wuhan dan sekitarnya. Namun upaya ini masih terkendala beberapa hal, salah satunya adalah wilayah Wuhan yang masih diisolasi oleh Pemerintah China.
Terakhir, Kementerian Kesehatan mengaktifkan 21 Kapsul Evakuasi di beberapa bandara internasional untuk bersiaga dan mengantisipasi persebaran virus yang mungkin saja dibawa oleh penumpang yang datang. Siapapun yang terdeteksi memiliki tanda-tanda atau gejala yang mengarah pada infeksi corona maka akan dievakuasi ke kapsul tersebut. Berdasarkan keterangan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono kapsul itu diaktifkan di sejumlah bandara, misalnya Banda Aceh, Medan, Padang, Semarang, Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Makassar, dan Jayapura.
Dengan adanya pencegahan tersebut tidak semua daerah akan tetapi pemeriintah pusat juga sudah menggambarkan social distancing sehingga dibeberapa negara lockdown dengan itu tempat-tempat wisata tempat tempat umum sementara ditutup agar penyebaran virus ini tidak begitu membludak  salah satunya cara dianggap  dapat mencegah penyebaran virus corona  distancing measures (menjaga jarak sosial). Akan tetapi masyarakat di Indonesia agak cukup panik sehingga membeli perlengkapan sebagai untuk mencegah virus corona dan harga yang begitu cukup mahall dan kemarin sempat masker menjadi langka karena kehabisan.
social distancing adalah tindakan yang bertujuan mencegah orang sakit melakukan kontak dalam jarak dekat dengan orang lain untuk mengurangi peluang penularan virus. Sementara menurut Katie Pearce dari John Hopkins University, social distance atau social distancing adalah sebuah praktek dalam kesehatan masyarakat untuk mencegah orang sakit melakukan kontak dengan orang sehat guna mengurangi peluang penularan penyakit.  Tindakan ini bisa dilakukan dengan cara seperti membatalkan acara kelompok atau menutup ruang publik, serta menghindari keramaian
Social distancing dinilai bisa mengurangi risiko penyebaran virus corona karena virus ini menular antarmanusia melalui droplet (partikel air liur) saat penderita bersin atau batuk. Dan pada akhinya kembali ke diri kita masing masing lagi agar untuk mejaga kesehatan bersama apa yang dikatakan ada baiknya kita ambil untuk mencegah virus yang terjaadi saat ini agar di indonesia tidak begitu banyak yang terkena virus tersbut. Bisa melihat negara lain mejadi beberapa pandangan dalam menghadapi virus.