Skrinews - "WARGA KECEWA, SETELAH TAU PELANGGAN LISTRIK R1M/900VA TIDAK DAPAT KERINGANAN"



SKRINews, TERNATE. 06/04/2020.
      - Ditengah pandemi virus corona, Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan anggaran tentang keringanan biaya listrik.
Kebijakan ini adalah pembebasan tarif listrik untuk rumah tangga 450 volt ampere (VA) dan diskon 50 persen untuk konsumen rumah tangga bersubsidi 900 VA.

Keputusan ini akan berlaku selama tiga bulan, yaitu pada bulan April, Mei, dan Juni 2020 untuk pelanggan 450 VA yang menawarkan sekitar 24 juta dan 7 juta pelanggan golongan 900VA subsidi.

 " Kebijakan itu merupakan rangkaian stimulus yang disiapkan pemerintah untuk penanganan wabah virus Corona." kata Jokowi di Istana Bogor, Selasa, 31 Maret 2020 lalu.

Namun sebagaimana dilansir dari Kompas com, (Jumat, 3 April 2020) ternyata tidak semua pelanggan listrik 900 VA mendapat diskon.

Berikut adalah pelanggan listrik yang dapat gratis atau diskon:

R1 / 450 VA (gratis)

R1T / 450 VA (gratis)

R1 / 900 VA (diskon)

R1T / 900 VA (diskon)

Sementara untuk pelanggan yang tidak mendapat diskon adalah:

R1M / 900 VA

R1MT / 900 VA

Wakil Presiden Eksekutif Komunikasi Perusahaan & CSR PLN I Made Suprateka mengatakan, pengecekan tersebut dapat dilakukan melalui rekening pembayaran listrik.
"Jadi jika ada pertanyaan 'Saya dapat diskon gak?', jawabanya adalah 'Silakan dicek di struk pembayaran terakhir atau pembelian pulsa terakhir'," kata Suprateka.

Menurutnya, kode M (mampu) dalam R1 M menandakan kategori listrik tersebut adalah pasca bayar dan tidak bersubsidi. Sementara kode R1MT berarti listrik pra-bayar.

Buat yang mendapatkan token gratis di struk pada keterangan tarif/daya ada tertulis R1.

"Jika tertera R1, maka berhak mendapat keringanan," jelas PLN.

Untuk struk dengan tulisan R1 M, artinya pelanggan 900 VA non-subsidi.

"Jika tertera R1M, maka tidak mendapat keringanan," jelas PLN.

Dari hasil pantauan SKRINews, banyak masyarakat di Kota Ternate  yang belum tahu apakah mereka menggunakan kategori yang bisa menerima subsidi atau tidak.

Namun setelah mengetahui aturan dan petunjuk mengecek di struk  pembayaran, banyak masyarakat pelanggan listrik 900VA dengan tulisan R1M, yang kecewa  mengetahui mereka tidak masuk sebagai pelanggan yang mendapat diskon,
Karena pada awal penyampaiannya hanya menyebutkan bahwa pelanggan Listrik 900VA akan mendapat diskon 50 persen, tanpa ada penjelasan

" Saya kira samua yang 900VA akan dapat diskon, jadi saya so senang,...eh ternyata ada dia pe kriteria lagi, bikin Torang kecewa saja" demikian ungakap  pa Thalib salah satu warga Kelurahan Kalumpang kepada SKRINews. (SjbDjr)