BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Skrinews - POLRES TOLIKARA AMANKAN 4 TRUCK DAN SOPIR YANG HENDAK DIBAKAR WARGA SAAT HENDAK MENDISTRIBUSIKAN SEMBAKO



Pelaporan:Rahman
Jayapura-skrinews.com
Pada hari Kamis tanggal 28 Mei 2020, Polres Tolikara telah mengamankan 4 truck dan sopir di Mapolsek Karubaga yang hendak mendistribusikan sembako dari Wamena Kabupaten Jayawijaya ke Karubaga Kabupaten Tolikara.

Kronologis kejadian:
Kejadian ini berawal pada hari Sabtu tanggal 23 Mei 2020 sekitar pukul 09.20 wit, bertempat di di Jln. Irian Karubaga Kabupaten Tolikara masyarakat Karubaga berkumpul di depan Kios Seorang pengusaha berinisial HJ yang hendak membongkar muatan barang dari truck kemudian didatangi oleh sekelompok orang masyarakat Karubaga dikarenakan Tim Gugus Tugas penaganan dan pencerahan Corona Diase -19 atau Covid -19 telah memasang poltal di Jalan Trans Wamena Tolikara di Desa Minage dan telah menetapkan jadwal khusus untuk kendaraan yang boleh masuk ke Kabupaten Tolikara adalah kendaraan yang tinggal di Tolikara dan melarang kendaraan dari daerah lain masuk ke  Tolikara.

Mendapatkan laporan tersebut Kapolsek Karubaga Ipda Okoka langsung mendatangi TKP dan bertemu masyarakat dan melakukan komunikasi dengan masyarakat yang berapa di TKP. Penyampaian dari beberapa masyarkat yakni Bapak Viktor Kogoya dan bapak Kebius Kogoya menjelaskan bahwa 4 Mobil Truk tersebut adalah mobil yang tinggal di Wamena dan sopirnya juga telah lama di Wamena sehingga ketika mobil Truk yang tersebut masuk ke Tolikara melewati portal yang di jaga oleh Tim Gugus tugas Covid 19 yang terdiri dari pihak medis dan aparat TNI dan Polri Kabupaten Tolikara pada hari Sabtu yang merupakan hari libur dan bukan jadwal yang telah di sepakati oleh Tim Gugus tugas Covid 19, sehingga sekelompok masyatakat marah dan amuk dan hendak membakar mobil Truk tersebut karena masyarakat kawatir 4 mobil Truk tersebut dapat saja membawa Virus Corona ke Kabupaten Tolikara.

Selain itu, kemarahan Masyarakat karena menduga bahwa ada oknum aparat dan oknum tim medis yang ikut membantu secara diam-diam dengan mengijinkan serta membuka poltal yang di pasang oleh tim Gugus tugas Covid -19 Kabupaten Tolikara, sehingga dengan leluasa dan tanpa takut sedikitpun 4 mobil Truk tersebut bisa lolos masuk ke Tolikara.

Menyikapi kejadian tersebut Kapolsek Karubaga Ipda Ishak  D. I Okoka, SE bersama anggota Polsek karubaga yang di bekap oleh dangki Brimob Tolikara Iptu Suriadin, MH dan anggotanya mengamankan 4 Truk bermuatan barang tersenut besama sopir ke Mapolsek Karubaga untuk dimintai keterangan sehubungan dengan kejadian tersebut.

Kapolsek Karubaga menghimbau kepada masyarakat dan semua pihak yang ada di Kabupaten Tolikara agar tetap menjaga situasi keamanan aman dan kodusif. Kejadian ini serahkan kepada pihak keamanan dan akan kami tangani secara profesional serta akan terbuka sehingga masyarakat dapat mengetahui kejadian sebenarnya dan langkah apa yang telah dilakukan pihak keamanan dalam hal ini Polres Tolikara.

Kami juga akan melakukan koordinasi dengan pihak terkait, baik tim gugus tugas Covid -19 Kabupaten Tolikara. Untuk Truck dan para sopir akan kami amankan di Mapolsek untuk dilakukan penyelidikan oleh Unit Reskrim Polsek Karubaga diback up Sat Reskrim Polres Tolikara.
                                                                                                      Jayapura, 28 Mei 2020

Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi no. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, S.H.
« PREV
NEXT »