Skrinews - SERATUS EMPAT PULUH TIGA WARGA DESA MATA KAPORE MEMADATI KANTOR DESA Mata Kapore,Skrinews.Com




BLT Dana Desa Mulai Dibagikan ke Warga Terdampak Covid-19
Jumat 29 mei 2020,Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT-DD) telah dibagikan Pada Jumat (29 /5/2020).

Pada hari ini Jumat , pembagian BLT-DD telah dimulai di Desa  Mata KAPORE Kec Kodi Bangedo,Kabup Sumba barat daya Nusa tenggara timur.

Sementara untuk hari ini dijadwalkan pembagian BLT-DD di empat Dusun  seperti Dusun 1 4 , di Wilaya Desa Mata kapore,

Vitus Kaleka,SH, selaku Penjabat Kepala Desa mata Kapore,menjelaskan bahwa  saya Bersama Perangkat Desa,Ketua BPD, Unsur LPM  desa yang telah berkoordinasi untuk memferivikasi data, mencocokan data sehingga dapat memberikan bantuan langsung untuk meringankan beban masyarakat akibat covid-19.


VITUS  berharap bantuan yang diterima bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Setelah itu terkoreksi  Dari dan dari hasil pengesahan terdapat 143 KK yang akan menerima bantuan.

"Kita belom tahu kapan covid-19 akan berakhir, maka harus bersahabat dengan covid-19. Artinya simple saja, kita harus harus tahu pantangannya apa, yakni disiplin memakai masker, tetap tinggal di rumah bila tidak ada keperluan yang penting, tidak boleh berkerumun dan jaga jarak," imbuhnya.

Dijelaskannya, sasaran penerima BLT-DD yakni keluarga miskin non penerima bantuan PKH, BPNT, BST dan bantuan sejenis lainnya.

Besarnya bantuan RP 600.000 selama 3 bulan diberikan mulai Bulan Mei, Juni dan Juli 2020.

Dalam pelaksanaannya meliputi tahap pendataan calon penerima yang mengacu pada data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), data warga miskin (SK Bupati), warga miskin kehilangan pekerjaan, atau memiliki anggota keluarga mempunyai penyakit , serta warga miskin terdampak ekonomi karena kehilangan pekerjaan.



"Dari 4 Dusun yang ada  Desa  mata Kapore sampai dengan tanggal 29.Mei semua  telah melakukan pendataan calon penerima BLT-DD, dengan melakukan Musdes khusus validasi, finalisasi, dan penetapan calon penerima BLT-DD," terangnya.


"Data warga yang kemungkinan belum ter-cover di BLT-DD menjadi bagian dari sasaran," imbuhnya.

Dalam pelaksanaan pembagian BLT-DD melibatkan  Seluruh Penerima

Teknis pembagian BLT-DD dilaksanakan memenuhi protokol pencegahan Covid-19 dengan mengundang penerima secara bergiliran, tempat duduk antrian berjarak aman, menyediakan tempat cuci tangan/hand sanitizer, dan memakai masker.

Pembagian BLT di jadiri dari  Babin Kptipmas dari Anggota Polsek Kodi Bangedo,Babinsa 1629-02 Kodi,Ketua Pertemanan Desa Yosep R Lendu,Ketua BPD,Desa Mata Kapore dal.pembagian BLT,Dana Covid aman dan Lancar( Liputan Tibo,Skrinews)