Skrinews - KAPOLDA PAPUA BERSAMA FORKOMPINDA HADIRI ACARA SILAHTURAHMI MENKO POLHUKAM DAN ROMBONGAN DENGAN FORKOMPINDA PEMDA MIMIKA, TOKOH MASYARAKAT, TOKOH AGAMA, TOKOH ADAT DAN KALANGAN AKADEMISI KAB. MIMIKA



Pewarta:Rahman.P
Jayapura-skrinews1.comPada hari Rabu tanggal 22 Juli 2020, bertempat di Ruang Tembaga Rimba Papua Hotel, Distrik Kwamki Narama, Kab. Mimika telah berlangsung Acara silahturahmi Menko Polhukam dan rombongan dengan Forkompinda Prov. Papua, Forkompinda Pemda Mimika, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan kalangan Akademisi Kab. Mimika yang dipimpin oleh Prof. Moh. Mahfud MD (Menko Polhukam) dan dihadiri sekitar 50 orang tamu undangan.

Hadir dalam kegiatan:
Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian (Mendagri), Letjen TNI Jhoni Sopriyanto (Kasum TNI), Komjen Pol Dr. Gatot Eddy Pramono (Wakapolri), Bpk. Nono Sampono (Wakil Ketua I DPD RI), Mayjen TNI Herman Asaribab (Pangdam XVII/Cenderawasih), Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw (Kapolda Papua), Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra (Pangdam XVIII/Kasuari), Laksda TNI Dadi Hartanto (Panglima Koarmada III), Brigjen TNI Iwan Setiawan (Danrem 173/PVB), Brigjen TNI Bangun Nawoko (Danrem 174/ATW), Letkol Inf Edi Widianto (Danbrigif 20/IJK/3/Kostrad, Letkol Inf Pio L. Nainggolan (Dandim 1710/Mimika), Letkol Lek Adi Siswanto (Dansatrad 243/Timika), Letkol Laut (P) Yadi Mulyadi (Danlanal Timika), Pemprov dan Pemda Mimika, Para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan kalangan Akademisi Kab. Mimika.

Rangkaian kegiatan:
Pukul 20.21 WIT, Kegiatan dimulai diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Pukul 20.24 WIT, Doa yang dipimpin oleh Bpk. Ignatius Adii (Ketua FKUB).

Pukul 20.25 WIT, Laporan penanganan Covid-19 oleh Bpk. Eltinus Omaleng (Bupati Mimika) yaitu Untuk kasus Covid-19 seluruhnya terdapat 447 kasus positif dan saat ini yang dirawat sisa 58 orang.

Saat ini Kab. Mimika berada pada kondisi New Normal hal ini untuk kehidupan dan perputaran ekonomi tetap berjalan lancar. Kami belum bisa pastikan kapan berakhirnya Covid-19, dan kami mengajak masyarakat untuk tidak panik dengan keadaan ini akan tetapi tetap memperhatikan protokoler kesehatan demi keselamatan bersama.

Pukul 21.31 Wit Penyampaian Sdr. Reiynold Ubra (Jubir Tim Gugus Tugas Covid -19 Kab. Mimika) yaitu Kecepatan alat test PCR yang dimiliki Pemda Mimika dan PT. FI sehari bisa mencapai 200 test perhari sehingga hal ini sangat membantu tim gugus Timika dalam mendeteksi Covid.

Sampai saat ini sudah memasuki hari ke 120, dan semua unsur sudah bisa mengendalikan penyebaran covid-19 di wilayah Kabupaten Mimika. Upaya promosi sebagai pencegahan Covid seperti cuci tangan, jaga jarak dan menggunakan masker sangat membantu dalam menekan laju penyebaran Covid 19 di Kabupaten Mimika.

Pukul 20.36 WIT, Arahan dari Prof. Moh. Mahfud MD (Menko Polhukam) dalam kesempatannya mengatakan Saya ucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah daerah dan semua pihak yang mana sudah memfasilitasi acara ini.

Negara kita berdasarkan Pancasila yang mana menyatukan dari berbagai perbedaan serta keberagaman dalam kita bernegara. Perkembangan politik terkini adalah dimana RUU HIP mendapat penolakan dari berbagai kalangan masyarakat walaupun dinilai masih wajar di dalam demokrasi yang memerlukan saran masukan dari lapisan masyarakat secara luas.

Banyak pihak yang ingin menggantikan negara Pancasila seperti ; RMS, GAM, Permesta dll. Akan tetapi sampai dengan saat ini hal itu tidak bisa dilaksanakan. Kita tidak boleh saling menjatuhkan hanya karena perbedaan akan tetapi kita harus menyadari bahwa dari perbedaan itu kita dapat bersatu dalam Pancasila sebagai ideologi negara.

Pemerintah Indonesia telah berbuat tidak adil kepada daerah lain agar diprioritaskan kepada Papua, di Indonesia di bidang pendidikan ada program ADIK yang diperuntukkan kepada putra putri Papua untuk masuk kuliah tanpa test.

Pukul 20.54 WIT, Tanggapan dari Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian (Mendagri) mengatakan bahwa Terkait masalah dana selama ini dari bapak bupati menyampaikan kepada kami bahwa anggaran tersebut saat ini terfokus dalam penanganan wabah Covid-19 beserta dana penyelenggaraan PON XX di Kab. Mimika.

Terkait wilayah Bomberai saat ini tidak ada karena di papua sudah tercampur dalam beradaptasi baik dari penduduk setempat maupun pendatang sudah berbaur menjadi satu sama lain, tentang dana Otsus bahwa pada prinsip nya kita semua masih memerlukan dana otsus. Terkait perhatian pendidikan bahwa tidak ada perbedaan antara OAP dengan Non OAP justru kita berencana akan menambah universitas di wilayah Papua.

Penyampaian tambahan dari Wakil Ketua 1 DPD RI yaitu bahwa akan ada Dana Aliran Sungai dari PTFI sebagai kompensasi dari Daerah yang terdampak aliran Limbah.

Penyampaian dari Bapak Yorris Raweyai ( DPD RI) yaitu terkait Otsus atau tidak, kita semua punya kewajiban untuk membangun Papua dan DPD akan berjuang agar Otsus diperpanjang.


Pukul 22.06 WIT, Penyerahan cinderamata dari Pemda Mimika kepada Menkopolhukam, Mendagri, Wakil Ketua DPD RI, Kasum TNI dan Wakapolri.

Pukul 22.10 WIT, penyerahan cinderamata dari PTFI secara simbolis dari PTFI kepada Mendagri.

Pukul 22.30 WIT, Seluruh rangkaian kegiatan selesai dengan keadaan aman dan lancar.

Pertemuan acara tatap muka Menkopolhukam dan rombongan adalah dalam rangka kunjungan kerja guna menyerap aspirasi sekaligus mendapatkan gambaran terkait penanganan sejumlah issu diantaranya Otsus, Covid dan keamanan.


Direncanakan tanggal 23 Juli 2020 rombongan akan meninggalkan Kabupaten Mimika selanjutnya melakukan kunjungan kerja ke wilayah Ambon.                                                                                                      Jayapura, 22 Juli 2020

Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi no. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Drs Ahmad Musthofa Kamal, SH.