Skrinews - Kebijakan Umum Anggaran Atas Penyerapannya Berbanding Lurus Dengan Kinerja ASN Pada Masing-Masing OPD Sebagai Leading Sektor Program.



Skrinews1 - Boalemo
Dengan rendahnya persentasi penyerapan anggaran, akan berdampak pada progres realisasi Program Pemerintah yang dapat mengakibatkan lambannya pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan pencapaiannya oleh pemerintah itu sendiri melalui programnya.

Drs.S. Buntuang MM. Menyampaikan Hal ini tentu menggambarkan ketidak efektifnya kinerja masing masing OPD yang harus segera dicarikan solusi sebagai formasi peningkatan kinerja pejabat/ASN yang tersebar pada masing masing OPD. Agar penyerapan angaran bisa selaras dengan progres penyerapannya yang dapat mendorong progres program pemerintah (14 program).

"Format yang efektif menurut hemat saya, adalah mengintegrasikan semua OPD dengan menggunakan sistim yang dapat mensinergikan program yang di implentasikan oleh masing masing OPD sebagai leading sektor 14 program pemerintah, demi terciptanya suatu sistem kerja pemerintahan yang efektif terkendali dari hulu ke hilir yang dalam Pengevaluasian kinerja dari masing masing OPD sangat mudah dilakukan".

Drs.S. Buntuang MM. Juga menambahkan bahwa Idealnya progres penyerapan anggaran satu semester (triulan ll), sudah mencapai 50 % sebanding dengan kinerja yang efektif oleh masing masing OPD. Namun kenyataan yang ada sudah pada triulan ke ll, penyerapan anggaran masih sangat minim prsentasinya.

"Yang tentu hal ini telah berdampak pada progres capaian program yang bertujuan untuk percepatan pertumbuhan ekonomi melalui multi player efek belanja keuangan Pemerintah dalam pelaksanaan programnya". Tutup Drs.S. Buntuang MM.

Penulis :  Izan