Skrinews – Komitmen Bupati Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan serta mengembangkan Smart City dan e-Goverment Di Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan


Sabtu, 11 Juli 2020
Skrinews-Gorontalo, Silaturahmi Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Bapak H. Iskandar Kamaru, S.Pt dengan Ketua Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Ichsan Gorontalo Bapak Jorry Karim, S.Kom., M.Kom. yang dilaksanakan pada hari Kamis, 9 Juli 2020 di Aula Kampus STMIK Ichsan Gorontalo yakni menindak lanjuti MoU untuk meningkatkan mutu pendidikan dibidang teknologi komputer serta pengembangan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan menjadi Kota Smart City dan e-Government, dimana semua kinerja dari OPD serta laporan data diseluruh Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dapat dipantau melalui layar LCD, tinggal mengklik didepan layar maka semua aktifitas ataupun data-data dari setiap OPD sudah bisa diketahui saat itu juga bahkan kegiatna disetiap RT/RW di desa-desa dapat dipantau langsung. Untuk pengembangan aplikasi e-Government yang akan diimplementasikan di daerah tersebut sepenuhnya di dukung oleh Kampus STMIK Ichsan Gorontalo pada pengelolaan big data di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan sesuai dengan kesepakatan yang ada dalam perjanjian kerja sama sebelumnya.

Dalam sambutan dari Ketua STMIK Ichsan, untuk meningkatkan mutu pendidikan di Bolaang Mongondow Selatan Kampus STMIK Ichsan Gorontalo sangat mendukung Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan berupa membuka kelas khusus untuk pegawai ASN lulusan SMA/sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang Strata Satu (S1). Penawaran yang diajukan oleh Ketua STMIK Ichsan, “untuk menghadapi era Revolusi Industri 4.0 dimana semua akan digantikan oleh robot, salah satu ilmu yang tidak akan hilang dan akan dibutuhkan adalah ilmu komputer, oleh karena itu saya hanya menyarankan perkuat SDM di bidang komputer apalagi kedepan semua akan serba online, kampus kami sekarang sedang libur semester ganjil sampai bulan desember dan sesuai keputusan dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Nadiem Karem bahwa kuliah tetap Dalam Jaringan (daring)”. Ujar Jorry Karim.

Dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0, Dinas Komunikasi dan Informasi (KOMINFO) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan sudah mulai menerapkan Smart City dan e-Government. Sumber Daya Manusia dibidang ilmu komputer sangat dibutuhkan oleh karena itu setiap OPD harus wajib mempunyai pegawai ASN yang mahir dibidang ilmu komputer.  Kepala Dinas Aldy S. Gobel, SE berkoodinasi dengan Kepala Bidang Penyelenggaraan e-Government dan Statistik Bapak Ruslan M.J Saleh, S.Kom. berupaya membangun jaringan internet di daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan agar bisa dinikmati oleh masysarakat secara gratis untuk mewujudkan Smart City didaerahnya. Untuk menunjang program e-Government, Bupati Iskandar Kamaru memberikan beasiswa kepada ASN yang akan berperan langsung dengan aplikasi e-Government. Pegawai yang akan diberikan beasiswa oleh Bupati Iskandar Kamaru, yakni ASN yang berusia Maksimal 30 Tahun.

Kampus STMIK Ichsan Gorontalo menjadi salah satu mitra kerja dari beberapa Universitas lainnya dalam pengembangan Smart City dan e-Government, hal ini disampaikan oleh Bupati Iskandar Kamaru. Keputusan yang di ambil oleh bupati karena Kampus STMIK Ichsan Gorontalo lebih spesifikasi pada teknologi informasi dan komputer serta telah dibuktikan beberapa aplikasi yang sudah dikembangan di dinas-dinas yang sebelumnya sudah memerlukan aplikasi TIK. Pemaparan Roadmap TIK lanjutan untuk pengembangan aplikasi TIK dalam bentuk pengolahan Big Data yang berada di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.





Rachmat Kasim