Skrinews - Latihan Teknis Intel Kodim 1310/Bitung TA. 2020, Dibuka Langsung Oleh Dandim 1310/Bitung




BITUNG - Pada hari Senin tanggal 13 Juli 2020 Pukul 07.30 Wita, di Aula Makodim 1310/Bitung Kel. Madidir Unet, Jl. Babe Palar, Kec. Madidir, Kota Bitung, telah dilaksanakan Latihan Teknis Intel Kodim 1310/Bitung TA. 2020 yang diikuti kurang lebih 25 orang.

Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S. Sos (Dandim 1310/Bitung) bertindak selaku Pimpinan Latihan dan Kapten Inf Djhon Datangmanis (Pasi Intel Dim 1310/Bitung) bertindak selaku Komandan Latihan dengan pelaku seluruh anggota Intel dan anggota Unitintel Kodim 1310/Bitung.

Turut hadir, Mayor Inf Vino Satria Onibala, S.Pt (Kasdim 1310/Bitung), Lettu Inf Julen T Kasiaheng (Danramil 1310/Bitung) Wadan Lat, Letda Inf Aldewiet Gansa (Pa Sandi Dim 1310/Bitung) Koordinator materi, Pelda Jufri Dau (Pelatih), Pelda Adri Sulaiman (Pelatih), Serma Feri Medomba (Pelatih) dan Sertu Alex Majampoh (Pelatih).

Pembukaan Latnis Intel Kodim 1310/Bitung dilaksanakan di Aula Makodim, namun sebelum dimulai dilakukan Protap Protokol Covid-19 diantaranya, Peserta wajib mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, Mengukur suhu tubuh, Memakai masker dan duduk jaga jarak.

Latihan Teknis Intel Kodim 1310/Bitung dibuka Laporan Komandan Latihan kepada Pimpinan latihan, dilanjutkan penyamatan tanda peserta latihan diwakili pelatih dan peserta latihan.

Sambutan Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos. saat membuka latihan, mengatakan, Puji dan syukur kita panjatkan kepada TYME pada hari ini kita dapat melaksanakan kegiatan Latihan Teknis Intel Kodim 1310/Bitung tahun anggaran 2020.

Perlu diketahui bahwa perkembangan sekarang ini terkait dengan Pandemi Covid-19 dan Pelaksanaan Pilkada tahun 2020, terkait dengan hal tersebut, Kota Bitung sampai hari ini meningkat dan mencapai 99 orang.

Dengan adanya peningkatan status Covid-19 tersebut, agar mari kita sama-sama saling menjaga baik teman maupun keluarga kita jika tidak perlu keluar agar jangan keluar rumah, yang pada intinya pengamanan tubuh.

"Tahun 2020 ini adalah tahun Pilkada, untuk itu terkait dengan pilkada tersebut diharapkan masing-masing personel intel wajib mengetahui serta berkoordinasi terkait dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) agar tidak dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab," tegas Dandim.

Tentunya di tengah-tengah Pandemi Covid-19 kita akan melakukan Pilkada oleh karena itu menjadi atensi bagi kita sebagai personel intel adalah ancaman dan hambatan serta tantangan yang harus perlu kita waspadai, pergunakan jaring yang ada walaupun dengan keterbatasan personel intel.

"Keduanya sama-sama berjalan baik terkait perkembangan Covid-19 maupun perkembangan Pilkada, untuk itu merupakan kerja keras bagi personil intel dalam menghadapi keduanya dengan cegah dini dan deteksi dini perkembangan situasi yang tentunya sulit bagi kita, namun harus kita lakukan agar semuanya berjalan dengan aman," pungkasnya.

Adapun materi-materi latihan yang disampaikan para pelatih, antara lain, Teknik Wawancara, Teknik Penjejakan, Teknik Matbar, Teknik Penyurupan, Teknik Penculikan dan Teknik Interogasi.

Perlu diketahui, pelaksanaan Latnis Intel Kodim 1310/Bitung akan berlangsung mulai tanggal 13 s.d 17 Juli 2020.