Skrinews - Pemuda Berinisial RS (20) Spisialis Pencurian Rumah Kosong di Balikpapan Dibekuk Polisi


Balikpapan,Skrinews,Kaltim   -    Hati-hati meningalkan rumah dalam keadaan kosong ahir-ahir ini banyak terjadi pencurian dan pembobolan rumah kosong. Seperti yang terjadi di Perumahan Sepinggan Baru dan di Perumahan Sepinggan Raya, Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur sudah terungkap.
Demikian dibeberkan Kapolsekta Balikpapan Selatan Kompol Harun Porwoko kepada awak media pada hari Jumaat (24/7/2020). Kapolsek kompol Harun menjelaskan pelaku merupakan seorang pemuda RS (20) tahun yang telah malanhg melintang  sebagai pencuri dan pemboboil rumah kosong.
Pemuda yang tadinya kerap tampil dengan gya rambut mirip ayam jantan itu dibekuk oleh jajaran tim Elang Borneo Opsnal Posekta Balikpapan Selatan beberapa waktu yang lalu. Dari hasil pemeriksaan dan penyelidikan petugas, diketahui tersangka sudah membobol di 11 tempat kejadia perkara (TKP) yang berbeda.
Hampir semua kejahatannya dilakukan di wilaya Kelurahan Sepinggan Raya dan Kelurahan Sepinggan Baru, Kota Balikpapan. Tesangka RS seringkali melakukan pembongkaran atau menconkel jendela dan pintu rumah sebagai akses masuk kemudian menguras barang-barang. Tesangka RS seringkali melakukan pembongkaran atau menconkel jendela dan pintu rumah sebagai akses masuk kemudian menguras barang-barang berharga di dalam rumah tersebut.
Dari hasil pencurisn tersangka, yang berhasil diungkap petugas di antaranya meliputi Genset,Lapotop,Handphone hingga telivisi dan peralatan elektronik lainnya. Menurut Kapolsekta Balikpapan Selatan Kompol Harun Purwoko, tersangka berhasil diamamnkan setelah pihaknya menerima laporan dari masyarakat.
Setelah kami terima laporan dari masyarakat dalam hal ini yang menjadi korban kami langsung melakukan penyelidikan dan berhasil mendapati ciri-ciri pelaku dan alamta tempat tinggalnya.
Pelaku kita jemput paksa di rumahnya di RT 30 perumahan Bukit Damai Lestari II. Lanjut Kapolsekta Kompol Harun Purwoko, menjelaskan barang bukti hasil pencuriasnnya hanya beberapa saja yang berhasil diamankan lantaran sebagian sudah dijual oleh tersangka.
Barang hasil curian tersangka yang kami amankan hanya sebagian saja seperti satu buah Handphone, dan barang-baran hasil curian lainnya suda dijual tersangka, seperti Genset,Laptop,bahkan Telivisi,” ungkapnya.
Seluruh barang –barang hasil curian oleh tersangka nantinya akan diselidiki oleh petugas untuk kemudian akan disita sebagai barang bukti. Ya barang-barang sudah dijual itu tentunya nanti akan kami selidiki untuk kita serta sebagai barang bukti lalu kita akan lakukan pengembangan,” tegasnya
Tersangka saat ini sudah dititipkan diruang tahanan Mapolsek Balikpapan Selatan guna menunggu waktu penyelidikan lebih lanjutk* Skrinews.com/spr.