Skrinews - PPK OP BALAI SUNGAI MANADO TEGASKAN PEMELIHARAAN BENDUNG SANGKUP PENANGGULANGAN BENCANA JADI PRIORITAS SEGERA DIANTISIPASI

Nampak pada gambar Ir Khristian Sumampow Asisten PPK OP BALAI SUNGAI Wilayah l Manado. (Foto Tim Skrinews Risman). 


Manado, Skrinews. Terkait dengan Pemberitaan media On Line Nasional Skrinews tentang Bendung Irigasi Sangkup terlantar Ratusan Miliard entah dikemanakan Balai Sungai tutup mata hal ini mendapat tanggapan tegas dari Alan Kawengian ST MT PPK OP Balai Sungai Manado yang diwakili  Khirtian  Sumampow Asisten PPK OP Pemeliharaan rutin Balai Sungai Wilayah I Manado dikatakan bahwa
Dana OP tahun 2020 yg sudah terkontrak sebesar 2,9 M terbagi 3 Paket dan
Awalnya di anggarkan untuk pembersihan rumput
Namun karena bencana banjir Bandang 4 Bulan lalu, maka semua  volume kegiatan pembersihan di alihkan pada kegiatan galian timbunan longsoran dan sedimen yang tertimbun di Sungai dan Saluran irigasi kiri dan kanan.
Nampak pada gambar Alat berat sedang melakukan evakuwasi sedimen Tanah longsor di areal lokasi jaringan Irigasi Bendung Sangkup. (Foto Tim Skrinews Risman). 


makanya pembersihan tidak dilakukan tahun ini karena dananya tidak cukup
Jadi bukan terlantar atau dibiarkan, tapi karena dananya tidak cukup untuk alokasi tahun ini.  Selain itu lebih lanjut PPK Ir Lan Sumampow mengatakan bahwa, sebenarnya dana yang diusulkan sebesar 5 M untuk kegiatan pekerjaan galian Sedimen Bandung Sangkup jaringan Irigasi kiri dan kanan Volume kurang lebih 60.000 M3. makanya perlu di luruskan tidak mungkin OP pemeliharaan Bendung Irigasi Sangkup sampai menghabiskan Anggaran ratusan miliard bahkan sampai triliun itu tidak mungkin terlebih Balai Sungai Manado tutup mata hal itu sangat tidak benar. Apalagi Balai Sungai Manado karena dampak Covid 19, maka ada pergeseran alokasi anggaran untuk pencegahan dan penanggulangan Covid 19 cukup banyak terjadi pemangkasan atau pengurangan Anggaran makanya untuk anggaran kegiatan DI Sangkup banyak penurunan. Berikut ini penjelasan petugas pengawas Tehnik dilapangan  Meikhel Kaligis dan Dedi Datungsolang tentang gambaran seputar keadaan dilapangan kegiatan pekerjaan Bendung Daerah Irigasi Sangkup jaringan kiri dan kanan saat ini ada tiga Paket proyek yang sedang dikerjakam dengan Anggaran 2'9 M yang terbagi tiga tempat yaitu satu paket Bendung sekitar 500 juta, dan dua paket berada dikiri 1, 2 M  dan kanan 1, 2 M yang selalu dalam pengawasan ketat petugas Tehnik dari Balai Sungai maupun konsultan Pengawas. (Tim Skrinews Risman).