Suaraindonesia1 - Opini : Menatap PILKADES, Kehadiran Pemuda Adalah Tawaran Masa Depan




SuaraIndonesia1 - Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT)
(Juffri Aineka)
Pilkades adalah sebuah proses penentuan arah dan gerak sebuah Desa seperti apa bentuk nya dalam 6 tahun kedepan, sebab itu seluruh segmen dalam masyarakat diperlukan kontribusinya tak terkecuali seorang anak muda.

Pilkades yang rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2021 mendatang belum ada kejelasan soal tanggal pelaksanaannya, semuanya masih dalam proses wacana.

dari ketidakjelasan penetapan tanggal pelaksanaan Pilkades, dijadikan momentum oleh kaum muda untuk ikut meramaikan kontestasi kali ini.
 
Tak terkecuali anak – anak muda dari dari setiap desa yang ada di kabupaten Seram Bagian Timur, Pilkades tahun depan yang akan dilaksanakan di setiap desa yang ada sangatlah mendorong beberapa pemuda untuk ikut bertarung.

Ini ditandai dengan beberapa postingan dan pernyataan di beberapa media sosial seperti Facebook misalnya. Tentu ini adalah responsive dari seorang pemuda yang patut kita syukuri.

Dan itu adalah sesuatu yang wajar dan sah – sah saja, sebab Setiap orang yang terdaftar sebagai warga Negara Indonesia berhak untuk  memilih  dan dipilih.

tentu ini adalah  suatu anugrah yang besar buat setiap desa yang ada di negeri dengan sebutan Ita Wotu Nusa, sebab kita tidak kekurangan generasi muda yang bisa melanjutkan kepemimpinan di saat ini dan di Masa yang akan datang.
 
Anak muda harus berprinsip untuk menawarkan masa depan yang lebih baik. Sebab, kemerdekaan dan pembangunan bangsa Indonesia dibangun oleh anak muda

Kemauan Pemuda untuk ikut serta dalam kontestasi akbar Pilkades yang insya Allah di laksanakan pada fase mendatang, patut kita apresiasi bahwa selama ini Pemilihan  yang dilakukan sebelum-sebelumnya selalu di dominasi oleh Para generasi Tua, ini menunjukkan adanya kemajuan besar dan  kesadaran  Politik pemuda ditingkat desa yang ditunjukkan dengan  ke ikut sertaan pemuda dalam kontestasi Pilkades.
 
Tentu pemuda yang kita harapkan adalah bukan hanya sekedar ia Pemuda yang di identik istilah Energik saja, kalau pemuda seperti itu,saya kira banyak jumlahnya, tetapi apakah memiliki kualitas untuk menjadi Pemimpin?.

Sehingga sangat diperlukan kehatian –hatian dan selektif di dalam mengusung siapa calon Kades yang akan kita dorong untuk maju.  Karena sosok seorang pemimpin merupakan faktor penting dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.

jika seorang pemimpin punya kepribadian sederhana, jujur, baik, cerdas dan amanah, Insya Allah rakyat atau masyarakat  akan hidup makmur. Sebaliknya jika seorang pemimpin tidak jujur, tidak punya kecerdasan, korup, serta menzalimi rakyatnya, niscaya rakyatnya akan sengsara dan menderita.
 
Kita tentu beraharap siapapun yang terpilih nantinya, baik dari kalangan Tua maupun Muda agar bisa membawa perubahan,mengeluarkan masyarakat dari kesusahan dunia dan akhirat

sehingga terwujud  masyarakat yang Baldatun thayyibatun Wa Rabbun Ghafur, juga kita berharap Kapala Desa yang terpilih nantinya memiliki sifat sebagaimana dicontohkan oleh suri tauladan kita semua Nabi Muhammad SAW yaitu: Sidiq, Amanah, Tablig dan Fathonah, Sidiq berarti jujur dalam perkataan dan perbuatan.

amanah berarti dapat dipercaya dalam menjaga tanggung jawab, Tablig berarti menyampaikan segala macam kebaikan kepada rakyatnya dan fathonah berarti cerdas dalam mengelola masyarakat..

Salam.
Pemerhati Demokrasi
(Juffri Aineka)