Suaraindonesia1 - KAPOLDA PAPUA : SITUASI KAMTIBMAS DI WILAYAH PAPUA AMAN DAN KONDUSIF



Pewarta : Rahman. P

Jayapura – SuaraIndonesia1.com
Pada hari Selasa tanggal 23 Maret 2021, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat ( Kamtibmas) di Papua pada umumnya relatif aman dan kondusif.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.Ik menyampaikan terkait pelaksanaan Pilkada serentak 11 Kabupaten di Provinsi Papua, pertama-tama saya menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat di 11 Kabupaten yang melaksanakan Pemilukada karena bisa dilaksanakan dengan baik, aman dan tertib walaupun di akhir masih ada beberapa kendala.

Kami berharap dengan keputusan oleh Mahkamah Konstitusi (MK), di mana 4 Kabupaten sudah dilantik, 4 Kabupaten masih menunggu waktu dan 3 Kabupaten yang masih dalam proses MK.

Tentunya ada hal yang luar biasa, apapun keputusan itu sudah tersampaikan ke seluruh masyarakat khususnya 3 Kabupaten terakhir yaitu Kabupaten Yalimo, Nabire dan Boven Digoel berangsur-angsur kita memeberikan arahan kepada Paslon agar semua menghormati keputusan MK.

Pasangan Calon yang melaksankan keputusan MK yaitu Pemungutan Suara Ulang (PSU) bisa mempersiakan diri sesuai mekanisme yang ada, tidak ada lagi paslon menghasut masa pendukungnya melakukan perbuatan yang melanggar hukum.

Saya berharap di 3 Kabupaten yang melaksanakan PSU, ketika waktu sudah ditentukan oleh MK, maka kita bisa mempersiapkan diri untuk pelaksankaan PSU dengan baik. Kami dari pihak Kepolisian sudah mengambil langkah awal yaitu kita memperkuat pemgamanan di 3 Kabupaten yang melaksanakan PSU, kami berharap sampai degan PSU kita bisa menjaga keamanan sehingga nanti pada saat penyelengaran bisa berjalan dengan baik, aman dan lancar.

Persoalan kemarin karena perhitungan, Kabupaten Yalimo karena Sistem Ikat Noken, begitu pula Kabupaten Nabire. Saya minta itu ditinggalakan, kita fokus pada PSU ini dengan benar, besar harapan saya pelaksanaan PSU di 3 Kabupaten tadi bisa berjalan aman dan lancar.

Saya tegaskan demokrasi di 3 Kabupaten yang melaksanakan PSU untuk di jaga, sehingga kita bisa menghasilkan pemimpin yang baik pula. Sementara itu, menjelang pelaksanaan PSU kami telah meminta bantuan kepada Mabes Polri yaitu 3 Kompi Brimob. Yang mana saat ini mereka sudah berada di 3 Kanupaten yang melakukan PSU.

Sampai nanti pelaksanaan PSU, akan ada  juga ada personil dari Polda Papua yang akan digeser ketika sudah ada tanggal pasti pelaksanaan PSU 3 Kabupaten tersebut. Siapapun yang mencoba menggagalkan atau merusak jalannya pelaksanaan pesta demokrasi akan ditangakap dan diproses sesuai hukum yang berlaku.

Selain itu, saya ingatkan kepada seluruh Bupati dam Wakil Bupati terpilih saya berpesan apabila telah dilantik harus hadir di daerahnya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, menjalankan roda pemerintahan sehingga memudahkan masyarakat untuk mencari pelayanan di daerah masing-masing.


Jayapura, 23 Maret 2021

Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi no. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Drs Ahmad Musthofa Kamal, SH.