Suaraindonesia1 - Kemensos Luncurkan 69 Unit Rumah Untuk Warga Desa Wahe




Taliabu | Suaraindonesia1.Com - Kementerian sosial memberikan bantuan Perumahan bagi warga miskin di Desa Wahe Kecamatan Taliabu Utara Kabupaten Taliabu sebagai upaya pemberdayaan masyarakat.24/03/2021

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pulau Taliabu, La Utu Ahmadi menyampaikan bantuan 69 rumah  mulai dilaksanakan tahun ini di Desa Wahe Kecamatan Taliabu Utara.

Program pemberdayaan dari kementrian sosial melalui Dinas sosial ini akan di bangun di Desa wahe sebanyak 69 rumah tahun ini tinggal kita menunggu lembaga atau yayasan mana yg di percayakan oleh kementerian sosial". 

"rumah yang akan di bangun itu akan di serahkan kepada seluruh warga yang namanya sudah masuk dalam daftar usulan yang di lakukan pada penjejak awal dan semi lokal daerah jadi kita berharap tidak ada hal2 yang melintang sehingga program pemberdayaan komunitas masyarakat terpencil Taliabu itu bisa jalan dengan baik".Ujarnya

Lanjutnya",Ukuran rumah 5X7 akan di bangun semipermanen, dari kementerian sosial menyiapkan ini semua dari nol mulai dari pemetaan dalam arti ke lokasi melakukan pengecekan warga, kita data by name by address dari warga itu sendiri kemudian kita ajukan ke kementerian untuk di lakukan penjejakan, kelayakan namax setelah layak langsung di lakukan dengan semi lokal daerah Tahapan berikutnya setelah semi lokal daerah di bawa lagi ke semi lokal nasional di sanalah kita tau apakah kita layak mendapatkan bantuan itu atau tidak.

Menurut Kepala Dinas Sosial La Utu Ahmadi, penerima bantuan rehabilitasi rumah ini diprioritaskan bagi warga Taliabu yang berdomisili tetap di Desa WaHe.

"Itu kan rumah untuk warga komunitas orang - orang terpencil khusus masyarakat warga asli penduduk asli Taliabu yang ada di daerah - daerah terpencil dan mereka belum mempunyai rumah atau sudah mempunyai rumah TPI blum layak maka program ini yang akan membantu"Polesnya

Tahun ini kita juga menyampaikan usulan ke Kemensos untuk pemetaan untuk Desa- Desa yang belum di SK kan dan bisa  dapat bantuan serupa,"Jelas La Utu

"Target kami di kementerian sosial kita akan melakukan pemetaan di daerah selatan, nah in shaa Allah kami akan melakukan pemetaan secara keseluruhan sesuai dengan SK yang sudah di tetapkan di Kementerian".

setelah itu semuanya sudah habis kita akan mulai lagi dengan daerah - daerah yang belum di masukkan ke SK kementerian kita ajukan lagi untuk bisa masuk dalam SK kementerian".

karna SK kementerian sekarang untuk warga Taliabu harus diperdayakan itu masih ada 1000 KK lebih itu yang sudah di SK kan disepakati, kementrian dan di setujui oleh kementerian".

Masih ada beberapa desa, dusun Tapi belum di SK kan nanti kami akan usahakan untuk di usulkan ke program pemberdayaan ini.
"Tutupnya(Riski Ode)