Suaraindonesia1 - Meski Hujan, Mopotilolo Bupati dan Wabup Pohuwato Tetap Berjalan Lancar



Suaraindonesia1, Pohuwato - Walaupun sempat terkendala hujan lebat, upacara adat Mopotilolo menyambut Bupati Saipul A. Mbuinga dan Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, di dua Kecamatan tetap berjalan lancar, Selasa (09/03). 

Dua Kecamatan tersebut yakni Kecamatan Randangan dan Taluditi. Yang nantinya usai disambut secara adat, Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato ini sudah bisa menjalankan roda pemerintahan hingga ketingkat desa di wilayah tersebut. 

Dalam sambutannya, Saipul, menjelaskan bahwa Provinsi Gorontalo adalah daerah adat, maka dari itu seorang pejabat negara hatus mengikuti adat isitiadat tersebut


"Sebelum seorang pejabat melakukan aktivitas pemerintahan maka harus melalui serangkaian tahapan adat, seperti prosesi adat Mopotilolo yakni penyambutan kepada pejabat negara pertama kali," jelasnya. 

Dalam kegiatan ini tak lupa dirinya mengajak kepada masyarakat untuk mendukung program pemerintahan kedepan. 

"Saya harap kerjasama kita antara Pemerintah Kabupaten, Kecamatan dan Desa serta masyarakat untuk mendukung program-program kami," harap Saipul. 

Ditempat yang sama, Camat Taluditi, Irwanto Suparman, merasa lega dan bersyukur atas terselenggaranya upacara adat walupun sedikit terkendala dengan cuaca. 

"Alhamdulillah kegiatan Mopotilolo Bupati dan Wakil Bupati di Kecamatan Taluditi bisa terlaksana dengan baik walaupun saya sedikit hawatir tadi karena ada sedikit kendala cuaca," ujarnya. 

Dirinya menambahkan, "Harapan kami, setelah Mopotilolo ini pak Bupati bisa lebih sering berkunjung ke Taluditi untuk melihat hal-hal yang dibutuhkan untuk masyarakat," pungkas Irwanto. 

Abd. Azis