Suaraindonesia1 - Pemda Pohuwato Kawal Usulan Benih Jagung Untuk Masyarakat



Suaraindonesia1, Pohuwato - Pemerintah Daerah dalam hal ini diwakili Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, didampingi Kadis Pertanian yang diwakili Kasie Hortikultura, Hendrik Wakiden, mendatangi Kementrian Pertanian untuk bertemu Direktur Jendral (Dirjen) Tanaman Pangan, Kamis (18/03). 

Dalam kunjungan itu, Suharsi diterima secara langsung oleh Dirjen Tanaman Pangan, Dr. Ir. Suwandi, M.Si, bersama Sesditjen, Bambang Pramudji, untuk membahas usulan proposal benih jagung dengan luas 39.857 Hektare di Kabupaten Pohuwato. 

Melalui sambungan via telpon, Wabup menjelaskan kunjungan ini untuk memastikan proposal yang telah di ajukan supaya dapat terealisasi, dan alhamdulillah semua berjalan lancar. 

"Alhamdulillah hasil pertemuan tadi proposal telah diterima dan insyaallah ada titik terang dan mereka berusaha bisa ada realisasinya. Kita doakan saja semoga usulan 39.587 Ha bisa terealisasi," ujarnya. 

"Namun pihak Kementan sebelumnya akan menurunkan tim untuk melihat lebih dekat seperti apa usulan proposal yang kita masukkan itu," jelas Suharsi. 

Wakil Bupati Pohuwato ini juga menambahkan apa yang telah dj jelaskan oleh Dirjen Tanaman Pangan agar pemda dapat mempertemukan pihak perbankan dan para penyuluh pertanian agar dapat lebih membantu para petani. 

"Artinya, pemda memediasi penyuluh dan perbankan, sehingga setelah dibantu mereka (petani), akan kerjasama dengan perbankan yang kemudian mereka sudah bisa mandiri dan tidak tergantung pada pinjaman lain yg memberatkan petani itu sendiri atau bisa langsung ke Bank lewat KUR dengan bunga rendah," ungkapnya. 

Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Pertanian Pohuwato, Ikbar AT. Salam melalui Kasie Hortikultura, Hendrik Wakiden, juga menambahkan bahwa usulan yang dibawa mendapatkan respon yang baik. 

“Pak Dirjen sudah menerima proposal dan akan menidaklanjutinya melalui direktur perbenihan untuk proses realisasi usulan proposal Kabupaten Pohuwato," tambahnya. 

"Selain memperjuangkan usulan proposal benih jagung, wabup juga menyampaikan usulan permohonan untuk alat pasca panen. Kita doakan semoga apa yang diusulkan ini bisa ada realisasinya pada tahun ini juga," tutup Hendrik. 

Abd. Azis