Suaraindonesia1 - Pengelolaan Sampah di Pohuwato Bakal Ditiru Pemkab Toli-Toli


Suaraindonesia1, Pohuwato - Kedatangan Pemerintah Kabupaten Toli-Toli, dalam hal ini rombongan Wakil Bupati, Mohammad Besar Bantilan ke Kabupaten Pohuwato rupanya banyak memberikan kesan yang positif. 

Setelah kemarin, Rabu (17/03) diterima oleh Ketua DPRD Pohuwato, Nasir Giasi bersama Sekda, Iswanta, untuk membicarakan kerjasama dalam bidang perdagangan. 

Hari ini, Kamis (18/03) rombongan Wakil Bupati beserta Anggota DPRD Toli-Toli, didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Bahari Gobel, mengunjungi tempat pengelolaan sampah terpadu (TPST) Madani yang ada di Desa Teratai, Kecamatan Marisa, untuk melihat proses pengolahan daur ulang (PDU). 

Dalam kunjungan tersebut Bahari Gobel, menyampaikan bahwa pengelolaan sampah modern yang ada di Pohuwato tidak lepas dari kerjasama dengan pihak Burung Indonesia. 

"Ini adalah berkat kerjasama dengan Burung Indonesia sehingga kami sudah bisa mengirim sampah daur ulang ke surabaya.  
Di pohuwato kata Bahari Gobel, ada 7 bangunan TPS 3R dan 4 bangunan TPST," ujarnya. 

Menurutnya, untuk Pohuwato sendiri pengelolaan sampahnya terbagi menurut jenis sampah. Ada pengelolaan khusus kardus-kardus, sampah plastik, ada juga khusus kantong kresek yang nantinya bisa menjadi batako atau paving block. 

"Selain itu ada 9 bank sampah dan sudah termasuk 1 bank sampah induk . Alhamdulillah sejak 3 tahun terakhir kami sudah di bantu oleh Burung Indonesia, bahkan sudah menjadi studi tiru dari beberapa Kabupaten di Gorontalo," jelas Bahari. 

Sementara itu, Wakil Bupati Tolitoli, Mohammad Besar Bantilan, mengungkapkan tujuannya datang ke Pohuwato untuk mengetahui tata kelola sampah yang lebih modern. 

"Pemikiran orang sampah itu bau dan jorok, ternyata disini (pohuwato) sampahnya sudah hilang kesan bau dan jorok. Bahkan sudah lebih ke industri bisnis, saya pribadi mengapresiasi ini, saya juga mohon doa semoga hal-hal seperti ini bisa kita terapkan di Kabupaten Toli-Toli," ungkapnya. 

Dengan adanya kerjasama dalam pengelolaan sampah bersama Burung Indonesia, Wabup Termuda ini bahkan meminta agar Burung Indonesia dapat membuka cabang di daerahnya.

"Masalah sampah ini kita harus sepakat, ini tanggungjawab kita semua. Kami melihat langsung cara pengelolaan sampah secara modern disini, adanya kerjasama dengan Burung Indonesia ini sungguh sangat luar biasa, saya minta Burung Indonesia bisa membuka cabang di Kabupaten Toli-Toli," harap Wabup. 

Tak lupa dirinya berterimakasih dan menitipkan salam hangat untuk Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato yang saat ini sedang mengikuti agenda penting untuk kemaslahatan masyarakat Pohuwato. 

"Terima kasih sudah diberikan pelajaran berharga hari ini, salam buat pak Bupati Saipul A. Mbuinga dan ibu Wakil Bupati Suharsi Igirisa," tutupnya. 

Abd. Azis