Suaraindonesia1 - POLISI TANGANI KASUS PEMBAKARAN RUMAH OLEH WARGA DI JALAN WOUMA ATAS KABUPATEN JAYAWIJAYA



Pewarta : Rahman. P

Jayapura – SuaraIndonesia1.com
Pada hari Senin tanggal 29 Maret 2021, pukul 17.00 WIT bertempat di Jalan Wouma Atas Wamena Kabupaten Jayawijaya telah terjadi kasus pembakaran rumah oleh sekelompok warga.

Kronologis kejadian:
Kejadian berawal pada hari Minggu Tanggal 28 Maret 2021 sekitar pukul 14.30 WIT saudara An. Esman Kogoya pergi ke Jalan Yos Sudarso tepatnya Gang mata air, guna meminjam motor untuk bertemu dengan Saudari Perempuan yang berada di Dolog Jalan Hom-Hom Wamena.

Pukul 19.30 Wit, Saudara An. Esman Kogoya bertemu dengan Saudari An. Anita Wenda di Jalan Wouma Atas, tidak berselang lama kemudian saudara Esman Kogoya menelpon keluarga dan memberitahu bahwa dia telah di keroyok oleh orang tidak dikenal.

Kemudian pada hari Senin tanggal 29 Maret 2021, keluarga dari saudara an. Esman Kogoya mencari keberadaan an. Esman Kogoya namun tidak ditemukan Keberadaannya. Ketika dilakukan pencarian oleh keluarga korban menemukan pakaian yang dipakai oleh Saudara An. Esman Kogoya di Pinggir Kali Wouma tepatnya di Bebatuan Pinggir Kali.

Pukul 15.00 WIT Keluarga Saudara An. Esman Kogoya mencoba mencari dengan menggunakan adat disekitaran Kali Wouma namun masih belum ditemukan. 

Pukul 17.00 Wit, Keluarga Saudara An. Esman Kogoya yang mencurigai saudari An. Anita Wenda kemudian melakukan pembakaran terhadap Rumah milik saudari An. Anita Wenda.

Pukul 17:30 WIT, Anggota Polres Jayawijaya mendapatkan informasi dari masyarakat telah terjadi pembakaran Rumah di Jalan Wouma Atas Wamena. Mendapat informasih tersebut anggota Polres Jayawijaya langsung mendatangi TKP.


Selanjutnya pada hari Selasa tanggal 30 Maret 2021 sekitar pukul 12.10 WIT Masyarakat dan keluarga dari Esman Kogoya yang berasal dari Maki Kabupaten Lanny Jaya yang merasa tidak puas karena sampai saat ini belum menemukan Esman Kogoya langsung melakukan pembakaran 1 Unit rumah yang bersebelahan dengan pembakaran 1 unit yang diduga tempat tinggal pacar dari Esman Kogoya.

Pukul 12.25 WIT Personil Polres Jayawijaya yang di pimpin langsung oleh Kapolres Jayawijaya AKBP Dominggus Rumaropen,S.Sos.MM tiba di TKP dan langsung memberikan himbauan kepada masyarakat dan keluarga dari Esman Kogoya untuk tidak melakukan pembakaran menginggat di daerah Wouma ada beberapa daerah dari luar yang tinggal di sekitar sini dan juga belum mengetahui penyebab dan siapa pelakunya.

Pukul 12.35 WIT Masyarakat dan keluarga dari Esman Kogoya kembali melakukan pencarian secara adat terhadap Esman Kogoya dan mencari tahu keberadaan Anita Wenda.

Identitas orang hilang:
- Esman Kogoya (25), laki-laki, warga Jalan Yos Sudarso (Gang Mata Air) Kabupaten Jayawijaya.

Identitas pemilik rumah yang dibakar:
1. Anita Wenda, perempuan, warga Jalan Wouma Atas Kabupaten Jayawijaya;
2. Luis Wandikbo, laki-laki, warga warga Jalan Wouma Atas Kabupaten Jayawijaya.


Langkah-langkah Kepolisian:
Menerima laporan, mendatangi TKP, meminta keterangan warga sekitar, melakukan penyelidikan dan penyidikan. Kasus tersebut dalam penanganan Satuan Reskrim Polres Jayawijaya.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH, mengatakan bahwa saat ini pasca kejadian situasi aman dan kondusif anggota masih melakukan pengamanan disekitaran TKP guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dihimbau kepada warga masyarakat agar tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, serahkan kasus ini kepada pihak Kepolisian.

Jayapura, 30 Maret 2021

Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi no. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Drs Ahmad Musthofa Kamal, SH.