Suaraindonesia1 - Upacara Adat Mopotilolo di Tiga Kecamatan Sambut Kedatangan Saipul-Suharsi



Suaraindonesia1, Pohuwato - Kedatangan Bupati Saipul A. Mbuinga dan Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, disambut upacara adat Mopotilolo di tiga kecamatan, Senin (08/03). 

Mopotilolo sendiri adalah prosesi adat penyambutan sebelum seorang pejabat negara melakukan tugasnya diwilayah tersebut. Tiga Kecamatan yang menjadi tujuan kali ini adalah Kecamatan Buntulia, Duhiada'a dan Patilanggio. 


Saipul A. Mbuinga, menjelaskan bahwa ini adalah hal yang harus dijalaninya sebelum melaksanakan kerja pemerintahan diwilayah tersebut. 

Oleh karena itu, dirinya berterimakasih  atas sambutan yang dilakukan dalam kegiatan adat tersebut.

"Terimakasih saya ucapkan kepada semua, karena telah bersedia menyambut Saya dan ibu Suharsi Igirisa selaku Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato," ujar Saipul. 

Heriyanto Uwete, Camat Patilanggio, yang wilayahnya menjadi tempat terkahir yang di kunjungi dalam rangkaian adat Mopotilolo ditiga kecamatan menyampaikan nantinya setelah melalui seluruh prosesi adat, maka Saipul-Suharsi sudah bisa menghadiri dan melakukan aktifitas dalam jabatan Bupati dan Wakil Bupati di wilayahnya. 

"Ini langkah awal, walaupun bapak Saipul Mbuinga sudah sering datang ke Patilanggio, namun dalam jabatan beliau sebagai Bupati, beliau harus secara adat melalui upacara adat mopotilolo, agar kapanpun beliau datang ke Patilanggio dalam acara apapun sudah bisa," jelasnya. 

Harapannya dengan pemerintahan yang baru ini, agar dapat membangun Pohuwato kedepan dan sesuai apa yang telah dituangkan dalam visi misi itu sendiri. 

"Sesuai dengan slogan semoga dapat membawa masyarakat pohuwato lebih sehat maju dan sejahtera," pungkas Heriyanto. 

Abd. Azis