BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Suaraindonesia1 - UPACARA TRADISI SERAH TERIMA JABATAN KAPOLDA PAPUA DAN IBU ASUH POLWAN POLDA PAPUA



Pewarta:Rahman.p

Jayapura-suaraindonesia1.com
 Pada hari Senin tanggal 8 Maret 2021, bertempat di Mapolda Papua telah dilaksanakan kegiatan Upacara Tradisi serah terima jabatan Kapolda Papua dari Komjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw kepada Irjen Pol Mathius D. Fakiri S.I.K dan Sertijab Ibu Asuh Polwan Polda Papua.

Hadir dalam kegiatan:
Kabaintelkam Polri Komjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw, Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakiri., S.IK., Wakapolda Papua Brigjen Pol. Eko Rudi Sudarto, SIK, M, Si, PJU Polda Papua, Para Kapolres Jajaran Polda Papua dan Bhayangkari serta anggota Polda Papua.

Kegiatan diawal dengan penyerahan Pataka Rastra Samara Polda Papua dari Kapolda lama kepada Kapolda Papua baru dan dilanjutkan dengan penyerahan memorial Polda Papua dari Kapolda lama kepada Kapolda baru dan pembacaan keputusan Ibu Asuh Polwan Polda Papua.

Komjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw dalam kesempatananya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan serah terima jabatan Kapolda Papua yang telah dilaksanakan di Mabes Polri pada hari Kamis tanggal 4 Maret 2021, sehingga diharapkan tetap menjaga kesinambungan agar terselenggaranya tugas pokok Polri sebagai Aparat Pelayan, Pelindung, Pengayom masyarakat sekaligus sebagai aparat penegak hukum.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dan loyalitas seluruh Personel Polda Papua dan jajaran   selama kurang lebih 16 bulan saya menjabat     Kapolda Papua, saya menyadari masih banyak kekurangan dan belum bisa memberikan pelayanan yang optimal kepada anggota dan keluarga, oleh karena itu saya mohon maaf dan berharap roda kepemimpinan yang akan dilanjutkan oleh Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri akan jauh lebih baik.

Pada rangkaian serah terima jabatan Kapolda Papua ini, juga dilaksanakan serah terima Ibu Asuh Polwan Polda Papua. Tentunya banyak kesan dan pesan yang baik yang saya dapatkan di tanah Papua ini. kesan yang baik yang kami dapatkan sehubungan dengan Kiprah Polwan Polda Papua yang sangat positif dan terus meningkat, namun ada juga yang masih perlu dibina dan perlu diberi motivasi oleh para seniornya.

Pada kesempatan ini saya berpesan kepada Ny. Eva mathius d. Fakhiri sebagai  Ibu Asuh Polwan Polda papua yang baru agar kiranya terus memberikan bimbingan dan dapat melibatkan Polwan pada kegiatan kegiatan Bhayangkari sehingga kedekatan Polwan dengan ibu Bhayangkari dapat dirasakan.

Berbagai prestasi telah kita ukir seperti penanganan aksi Anarkis isu Rasisme dan upaya bersama dalam pemulihan situasi, pengamanan pemilukada serentak di 11 Kabupaten yang berjalan aman, penegakkan hukum terhadap kelompok kriminal bersenjata, pengungkapan jual beli senjata dan amunisi dan keberhasilan dalam pengungkapan kasus tindak pidana umum lainnya.

Prestasi – prestasi tersebut bukan semata-mata keberhasilan saya sendiri melainkan wujud nyata komitmen kita bersama, oleh karena itu saya mengharapkan agar dilanjutkan dan ditingkatkan guna memperoleh kepercayaan yang positif dari masyarakat sebagaimana visi yang selalu saya gaungkan yaitu melayani dengan hati, lakukan pendekatan kepada masyarakat dengan mengedepankan pencegahan, bersifat edukatif dan persuasif, namun tidak meninggalkan sikap dan tindakan tegas. untuk itu, masyarakat harus menjadi mitra kita, teman bahkan sahabat baik dengan masyarakat. 

Selamat mengemban tugas kepada Kapolda Papua yang baru semoga   dengan semangat, kegigihan dan tekad yang bulat untuk mewujudkan kesejahteraan personil Polri dan masyarakat Papua dapat terwujud.

Saya optimis, bahwa Polda Papua dibawah kepemimpinan Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri akan mampu menjawab berbagai tantangan kedepan serta mampu mendukung transpormasi menuju Polri yang presisi (prediktif, responsibilitas, transparansi berkeadilan). 

Dalam kesempatan ini, saya ingin mengingatkan bahwa tugas di Papua kedepan akan semakin kompleks antara lain antisipasi putusan mahkamah konstitusi sengketa pilkada di 7 kabupaten, agenda nasional Pon XX di Papua, pendisiplinan protokol kesehatan dan mendukung program vaksinasi, rencana   aksi mogok  sipil nasional oleh kelompok separatis politik dan ancaman gangguan kelompok kriminal bersenjata di beberapa wilayah, oleh karena itu saya mengharapkan kepada seluruh personel Polda Papua dan jajaran agar dapat memberikan dukungan serta doa restu kepada Kapolda yang baru untuk saling bekerjasama, bahu membahu, serta tingkatkan suasana harmonis yang telah berjalan dengan baik selama ini, agar dapat diteruskan dan dilanjutkan sehingga ada kesinambungan dalam mensukseskan pelaksanaan tugas Kepolisian.

Saya juga memohon doa agar dalam menjalankan tugas yang baru sebagai Kabaintelkam Polri dapat berjalan dengan baik dan mampu mengemban amanat yang telah diberikan oleh pimpinan.


Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K dalam kesempatannya menyampaikan ucapan terima kasih atas penyambutan dalam proses serah terima jabatan Kapolda Papua yang berjalan dengan aman dan lancar dimana kepercayaan yang diberikan pimpinan Polri kepada saya untuk memimpin Polda Papua merupakan suatu amanah yang harus dilaksanakan dengan rasa penuh tanggungjawab. 

Saya sangat mengapreasiasi atas capaian kepemimpinan bapak Komjen Pol. Drs.                       Paulus Waterpauw yang telah menjalankan tugas dengan baik serta mampu menyelesaikan kasus–kasus yang meresahkan masyarakat, sehingga Harkamtibmas di Wilayah Polda Papua dapat kembali kondusif, hal ini akan menjadi acuan saya untuk meneruskan dan meningkatkan kinerja yang telah dibangun demi terwujudnya pelayanan prima kepada masyarakat. 

Dalam serah terima jabatan Kapolda Papua ini, juga ditindak lanjuti dengan serah terima ibu asuh Polwan Polda Papua. saya juga sangat mengapresiasi atas capaian yang telah dilakukan oleh Ibu Roma Paulus Waterpauw yang selama ini telah memberi sentuhan sebagai seorang ibu asuh, sehingga Polwan Polda Papua yang merupakan bagian internal dari Polri semakin termotivasi untuk lebih meningkatkan perannya sebagai wanita dan sekaligus Polisi dalam menghadapi lingkungan strategi yang selalu berubah setiap saat, bahkan dalam masa pandemik Covid-19 terus mencurahkan perhatiannya kepada Polwan Polda Papua. 


Kedepannya saya berharap Polwan Polda Papua bukan hanya menjadi Polwan biasa yang yang cuma bertugas dalam pekerjaan dan pelayanan kepada suami, tapi harus menjadi Polwan yang tangguh, yaitu tangguh dalam bela diri, tangguh dalam menyelam serta tangguh sebagai legislator ulung dalam penyelesaian masalah di masyarakat. Pada kesempatan ini pula, saya menyampaikan bahwa pimpinan Polri telah mencanangkan untuk lebih meningkatkan peran Polwan dalam tugas-tugas bidang operasional antara lain sebagai Kapolsek bahkan Kapolres secara bertahap.

Pelaksanaan serah terima Pataka ini merupakan tradisi yang harus kita junjung dan maknai bersama. dalam kepemimpinan saya di Polda Papua ini tidak akan berarti apa - apa tanpa dukungan dari Wakapolda, Irwasda, para pejabat utama dan para Kapolres jajaran serta seluruh anggota Polda Papua. Oleh karena itu, dukungan yang selama ini diberikan kepada bapak Komjen Pol Drs. Paulus Waterpauw kiranya dapat diberikan kepada saya, sehingga saya dapat memimpin Polda Papua dengan baik dan berhasil.

Saya mengakui, bahwa saya tidak akan dapat bekerja sendiri tanpa adanya bantuan dari seluruh personel Polda Papua dan berbagai pihak. Oleh karena itu saya mohon agar kiranya dapat diterima sebagai bagian keluarga besar Polda Papua, semoga seiring dengan bergulirnya waktu, kita dapat lebih mengenal dan saling membantu demi keberhasilan tugas-tugas kita ke depan. Saya yakin dan percaya bahwa seberat apapun tugas dan tanggung jawab yang ada di pundak kita, maka akan menjadi ringan apabila kita semua secara bersama-sama menghadapinya.

Pada kesempatan ini saya menyampaikan, bahwa ada beberapa dinamika perkembangan kamtibmas kedepannya yang akan kita hadapi, antara lain dinamika Pilkada pada 11 Kabupaten, yang sampai saat ini 4 kabupaten telah dilaksanakan Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati, 4 Kabupaten telah dilaksanakan penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih pasca putusan di mahkamah konstitusi, sedangkan 3 Kabupaten masih melaksanakan sidang sengketa di mahkamah konstitusi.

Dinamika Revisi UU no. 21 tahun 2001 tentang otonomi khusus bagi Papua, yang sampai saat ini timbulnya penolakan dari kelompok masyarakat tertentu. Dinamika rencana pelaksanaan PON XX tahun 2021 dan Peparnas XVI tahun 2021, yang sampai saat ini telah memasuki tahap finalisasi persiapan venue dan kesiapan masing – masing bidang panitia besar PON, dimana Polda Papua ditunjuk sebagai penanggung jawab keamanan pelaksanaan PON dan Peparnas tersebut.

Dinamika pandemi Covid-19 di Provinsi Papua yang sampai saat ini masih menunjukkan angka peningkatan korban yang terpapar, sehingga perlunya dukungan dari Polda Papua pada sosialisasi program protokol kesehatan dan pelaksanaan vaksin covid-19 serta upaya lainnya dalam pendisiplinan kesehatan masyarakat.


Jayapura, 8 Maret 2021

Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi no. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Drs Ahmad Musthofa Kamal, SH.
« PREV
NEXT »