Suaraindonesia1 - Bupati dan Wabup Pohuwato Beri Bantuan Kepada Warga Korban Banjir di Lemito



Suaraindonesia1, Pohuwato - Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, bersama Wakil Bupati, Suharsi Igirisa, menyalurkan bantuan kepada korban banjir di Desa Lomuli, Kecamatan Lemito, Kamis (08/04/2021). 

Bantuan berupa sembako ini diserahkan kepada empat kepala keluarga (KK), sebab rumah yang mereka tempati sering menjadi langganan banjir. 

Seperti pada Selasa (06/04/2021), pukul 16.00 hingga 20.00 WITA, terjadi banjir yang mengakibatkan empat KK tersebut harus mengungsi kerumah warga yang tidak terkena luapan banjir. 


Banjir yang terjadi ini menurut Saiful Latif (50), salah satu korban banjir mengakatan akibat dari meluapnya sungai yang melalui desa tersebut. 

"Banjir ini akibat luapan air sungai dari empat cabang sungai yang besar, yang akibatnya sungai induk tidak mampu lagi menampung debit air tersebut akibat penyempitan sungai," ujarnya. 

Menurutnya rumah mereka sudah menjadi langganan banjir sejak tahun 2013, dan bila terjadi banjir, dirinya selalu tidur dipinggir jalan untuk menjaga rumah sedangkan anak dan istrinya diungsikan kerumah warga. 

"Istri dan anak saya mengungsi ke keluarga, sementara saya harus tidur di depan rumah atau di pinggir jalan. Khawatir meninggalkan rumah karena ada hewan peliharaan (ayam), karena kemarin-kemarin banyak ayam kami hanyut dan mati akibat rumah ditinggalkan," jelas Saiful. 

Sementara itu, Bupati Saipul A. Mbuinga, dalam kesempatan tersebut menyampaikan akan memperhatikan nasib masyarakatnya dan akan memperjuangkan kondisi tersebut ke balai sungai. 

"Iya, kami akan memperjuangkannya terutama untuk pelebaran sungai. Karena sungai sepanjang 3 KM ini telah mengalami penyempitan, yang dulunya 4 meter dan saat ini tinggal 2 meter lebarnya," ungkap Bupati Saipul. 

"Saya berharap agar masyarakat tetap waspada ketika hujan deras di hulu terlebih pada malam hari," pungkasnya. 

Abd. Azis