BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Suaraindonesia1 - WORKSHOP PENYUSUNAN RENJA-SKPD TAHUN 2022 DAN P-RENSTRA 2013-2023 SEKALIGUS PENGIMPUTAN SIPD




BOLMUT, SUARAINDONESIA1_Bertempat di Ball Room Hotel Aston Kota Gorontalo Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (BAPPELITBANG) Kabupaten Bolmut, menggelar Workshop Penyusunan Renja SKPD Tahun 2022 dan Perubahan Renstra 2018-2023 dan Pengimputan Sintem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

Kegiatan tersebut dibuka langsung secara resmi oleh Wakil Bupati Bolmut Drs.Hi.Amin Lasena M.AP dan dihadiri Sekretaris Daerah Bolmut Dr.Drs.Hi.Asripan Nani, M.SI, Pemateri  Hanz Budi Setiawan Dandel M,AP, Rico Arya Radestya SE, M.SI, Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan lingkup Pemkab Bolmut.

Wakil Bupati Bolmut Drs.Hi.Amin Lasena, M.AP, menyampaikan sebagai mana amanat Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2024 Tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2024 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Bahwa Pemerintah Daerah diwajibkan menyusun dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk jangka panjang 20 Tahun dan Jangka Menengah 5 Tahun, dan Jangka Pendek 1 Tahun.

Pada tingkatan perangkat daerah berkewajiban menyusun dokumen perencanaan jangka menengah tahunan berupa Renstra Perangkat Daerah dan Dokumen perencanaan tahunan berupa Renja Perangkat Daerah.
Dengan demikian penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah sejatinya merupakan satu rangkaian proses yang terpadu dan berkesinambungan dari dokument yang bersifat sangat makro RPJPD hingga dokumen yang bersifat paling mikro Renja perangkat daerah.

Melalui pelaksanaan Workshop ini Pemerintah Daerah berupaya untuk, memberikan pemahaman dan tambahan informasi terhadap penyusunan Renja perangkat daerah yang selanjutnya dilakukan pengimputan pada aplikasi SIPD, yang bertujuan untuk mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang trasparan, partisipatif, akuntabel, tertib, dan disiplin anggaran.

Wabup juga sangat mengapresiasi dan mendukung sepenuhnya dilaksanakannya Workshop ini sebagai bentuk komitmen Pemerintah Daerah untuk terus meningkatkan capaian kinerja pembangunan sehingga apa yang menjadi tujuan di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dapat kita wujudkan bersama.

Dirinya juga  berharap kepada peserta workshop penyusunan Renja Perangkat Daerah agar benar-benar menfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, untuk shering pengetahuan sehingga terciptanya pemahaman yang sama baik menyakut tahap yang harus dilakukan maupun proses, pengimputan melalui SIPD, sehingga output dari kegiatan ini dapat dicapai sesuai jadwal yang seharusnya.

Diakhir sambutanya Wabup mengingatkan dan menegaskan agar seluruh peserta workshop untuk disiplin mengikuti kegiatan dan tetap menerapkan protokol kesehatan.


Pewarta__ Fikrianto M
« PREV
NEXT »