PEMILU KEPALA DESA SERENTAK DI KABUPATEN SUMBA TIMUR SIAP DI LAKSANAKAN DI 100 DESA.



SuaraIndonesia1.com


Sumba Timur NTT.


Sejak bergulirnya proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Sumba Timur yang sedianya di lakukan pada tanggal 25 Agustus 2021 mendatang, segala macam persiapannya telah di lakukan oleh masing - masing desa, mulai dari Pembentukan panitia dan Penjaringan bakal calon hingga penetapan para Calon terpantau berjalan dengan baik.


Ada 100 desa yang akan melakukan pemilihan kali ini namun di konfirmasi ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa bahwa ada satu Desa yang akan batal mengikuti proses ini karena di nyatakan adanya kesalahan atau tidak sesuai syarat adminitrasi yang di terapkan untuk syarat kepanitian di tingkat desa yang mestinya harus berijasah minimal SMA sederajat, di temukan ada dua orang anggota panitia yang hanya berijasah SMP.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Franky Rangga Mbani yang sempat di hubungi via WatsAppnya membenarkan bahwa informasi itu benar adanya  sehingga dari jumlah yang di rencanakan 100 desa, satu Desa batal melakukan Pilkades yaitu Desa Batapuhu, Kecamatan Hahar.


Lebih lanjut di tanyakan tentang persiapan logistik Pilkades di tiap Desa beliau mengatakan semuanya telah di lakukan oleh panitia di masing - masing Desa dan kami pastikan semua sudah siap, tinggal tunggu tanggal pelaksanaannya saja yaitu tanggal 25 Agustus 2021.


Dan yang menarik di Pilkades kali ini tingkat partisipasi anak muda sangat tinggi sehingga suasana dan situasinya memang lumayan menantang dan seru.


Kami belum cek persentasi dari tingkat partisipasi atau keterlibatan kaum muda di Pilkades saat ini, namun kami pastikan banyak orang - orang muda yang siap menjadi pemimpin di tingkat desa, menutup telpon gengamnya.(08/08/2021)


Liputan JK.