Program BPJN PB Manokwari Fokus Ke Trans Papua Tembus 2024

Foto: Satuan Kerja (kasatker) Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Papua Barat  Ledryk Amto Latuputty, ST




Manokwari-suaraindonesia1.com

Prioritas pembangunan infrastruktur sesuai program Presiden,meyakini program pembangunan infrastruktur, terutama jalan di Papua barat, akan dapat meningkatkan mobilitas, mengangkat ekonomi lokal, dan pada akhirnya meningkatkan taraf hidup masyarakatnya.


Pembangunan jalan Trans Papua yang membentang dari Kota Sorong di Provinsi Papua Barat hingga Kota Merauke di Provinsi Papua, dengan panjang sekitar 4.330 kilometer.



Trans Papua Barat mempunyai berbagai fitur alam seperti banyaknya aliran sungai yang besar.

Pembangunan jembatan merupakan prioritas utama dan  dalam penanganan Trans Papua Barat ini.


Kepala satuan kerja (kasatker) Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Ledryk Amto Latuputty, ST kepada media menjelaskan progres 2022 program kita lebih fokus ke trans Papua  dengan prioritas pembangunan  jalan harus tembus di 2024 ,


selain dari pada itu di ruas jalan nasional trans Papua  kami masuk ke sekmen dua mulai dari mamey sampai dengan batas propinsi Papua yaitu Nabire.


"jadi itu kurang lebih 381 kilo yang harus kita tuntaskan sampai dengan akhir 2024 dengan 

(black top ) artinya semua teraspal  namun di dalam Sekmen tersebut ada beberapa titik kurang lebih 30 kilo itu merupakan luas HPH yang punya kontrak kepemerintah sampai dengan 2055 panjang waktunya  nantinya kita pakai bersama  kondisinya tidak bisa kita aspal ,disamping jalan juga kata Amto kita tuntaskan kurang lebih 125 jembatan yang harus kita selesaikan.


saat ini kondisinya di sana jembatan kayu dan juga jembatan kayu Lok yang  merupakan lintasan basah , program kita di tahun 2022 sampai di tahun 2024 ,tahun ini kata kerjakan ada sekitar Tiga paket multiyers(MYC) dan 10 paket reguler khususnya untuk jembatan.


Amto yang selalu akrab denga rekan wartawan mejelas kan saat ini  di tahun 2022 nanti di pastikan  sudah selesai pengaspalan,dan saat ini yang masih berjalan 6 jembatan dan akan selesai di bulan desember,tambah nya.


Lanjut dari pada itu pekerjaan saat ini sudah berjalan 60 persen dan pekerjaan trans papua ini akan tuntas di akhir tahun 2024 pungkas nya.


Harapan Amto di  2024 sudah selesai trans papua sampai di kabupaten nabire,dan ada kemungkinan kedepannya akan tumbuh pemukiman2 baru ,dan kampung2 di sepanjang jalan trans papua dan saat ini terbukti sudah mulai ramai di sepanjang jalan trans papua.tutupnya(Rahman.P)