PRESIDEN RI RESMI MENUTUP PEKAN PARALIMPIK NASIONAL (PEPARNAS) XVI PAPUA TAHUN 2021





Pewarta:Rahman.p

Jayapura-suaraindonesia1

com

Pada hari Sabtu tanggal 13 November 2021 bertempat di Stadion Mandala Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura telah dilaksanaakn acara penutupan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua Tahun 2021 oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo.


Hadir dalam kegiatan tersebut Menko Polhukam Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD, SH., SU., MIP., Menteri Pemuda dan Olahraga RI Dr. H. Zainudin Amali, S.E., M.Si, Kepala Badan Intelijen Negara RI Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si, Gubernur Papua Bapak Lukas Enembe, S.IP., MH, Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, M.T, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Utara Ir. Ardan Noor, MM, Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara RI Komjen Pol Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum, Ketua DPR Provinsi Papua Bapak Jhony Banua Rouw, S.E, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, MA, Wakapolda Papua Brigjen Pol Dr. Eko Rudi Sudarto, S.I.K., M.Si. beserta para tamu undangan.


Dalam kesempatannya ketua NPCI Pusat Senny Marbun menyampaikan saya mengucapkan terimakasih atas kerjasamanya sehingga Peparnas XVI Papua Tahun 2021 dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Ditengah kesibukan bapak Presiden Republik Indonesia, namun bapak Jokowi tetap hadir untuk menutup pelaksanaan Peparnas XVI Papua Tahun 2021.


Perlu kita ketahui saat ini kita berada di tanah Papua surga kecil yang ada di Nusantara, disinilah kita berpacu untuk meraih prestasi anak bangsa. Apa yang kita laksanakan agar terus dikembangkan untuk mencapai prestasi dan untuk kedepannya dapat membanggakan bangsa dan negara.


Diskriminasi masih menjadi momok besar dari segala aspek kehidupan. Sebelum era bapak Jokowi, olahraga difabel masih dianggap pelengkap dan membebani, tidak heran banyak atlit yang tidak mau untuk mengikuti Pekan Olahraga. Tidak ada yang dapat mempungkiri bahwa NPCI bisa mendapatkan hak yang sama bagi para atlit difabel untuk mengikuti Peparnas XVI Papua Tahun 2021.


Kami akan terus berdoa untuk bapak Jokowi agar selalu diberikan kesehatan dan kesuksesan dalam memimpin Negara Kesatuan Republik Indonesia sehingga menjadi lebih maju dan sukses. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih kepada bapak Jokowi yang telah mensejajarkan olahraga difabel, sehingga olahraga difabel mengalami peningkatan yang sangat pesat.


Saya berharap agar para atlit difabel dapat terus semangat dalam mengharumkan nama baik daerah bahkan untuk nama baik Bangsa Indonesia. Tanamkan dan patrikan semboyan ini "Jangan Pernah Hitung Yang Hilang Dalam Tubuhmu Tapi Cari Prestasimu Dengan Apa Yang Hilang Dalam Tubuhmu".


Pada kesempatan yang sama Gubernur Papua sekaligus sebagai Ketua Umum PB Peparnas XVI Papua Tahun 2021 mengatakan saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Presiden Republik Indonesia dan Seluruh Komponen yang telah menghadiri acara penutupan Peparnas XVI Papua Tahun 2021.


Pada hari ini kita akan melaksanakan Penutupan Peparnas XVI Papua Tahun 2021 maka dari itu kita juga akan berpisah untuk Perhelatan yang selanjutnya. Saya selaku Gubernur Papua dan Ketua Umum PB Peparnas XVI Papua Tahun 2021 mengucapkan terimakasih atas kerja sama semua pihak, dan saya bangga atas terselenggaranya Peparnas XVI Papua dengan lancar dan sukses.


Saya berharap agar para atlit jangan membanggakan diri akan kemenangan yang telah diraih, tetapi agar para atlit terus mensyukuri dan terus bersemangat dalam meraih cita-cita. Selain itu saya mengajak kepada seluruh masyarakat bahwa setelah selesainya PON XX Papua dan Peparnas XVI Papua Tahun 2021 agar semua bangunan yang digunakan dapat dirawat dengan baik, karena Bapak Presiden menginginkan kemajuan dalam bidang pembangunan di Tanah Papua.


Kami sebagai tuan rumah PON XX dan Peparnas XVI Papua Tahun 2021 mengucapkan permohonan maaf kami atas segala kekurangan baik dalam penyambutan maupun pelayanan pada pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI Papua Tahun 2021. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk menjamin kelancaran, keamanan dan kenyamanan dalam pelaksanaan PON XX Papua dan Peparnas XVI Papua Tabun 2021.


Kami juga mengucapkan selamat jalan kepada seluruh kontingen Peparnas XVI Papua Tahun 2021, semoga dalam perjanlanan kembali selamat sampai tujuan dan dapat berjumpa kembali pada Peparnas XVII mendatang.


Setelah mendengarkan sambutan dari Gubernur Papua selaku ketua Umum PB Peparnas XVI Papua tahun 2021, dilanjutkan dengan penayangan video Best Moment Of Peparnas XVI Papua tahun 2021.


Setelah penayangan video Best Moment Of Peparnas XVI, dalam kesempatannya Presiden RI mengatakan pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmatnya sehingga kita dapat berkumpul untuk mengikuti acara penutupan Peparnas XVI Papua Tahun 2021.


Saya sampaikan bahwa kinerja Pemimpin Papua sangat bagus dalam penyelenggaraan PON XX dan Peparnas sehingga dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Saya juga mengucapkan selamat kepada para atlit atas peraihan prestasinya, Peparnas di Papua yang sangat luar biasa. Kesimpulannya bukan hanya Torang Bisa tetapi Torang Hebat, Para atlit yang saya banggakan saya menyampaikan pesan bahwa konsistensi dan kerja keras berbagai prestasi akan bisa dicapai.


Melalui PON XX dan Peparnas XVI Papua Tahun 2021 ini telah menunjukan bahwa berbagai keberagaman, kebersamaan dan kerukunan dari seluruh Nusantara dapat kita laksanakan dengan baik. Dengan mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan dengan mengucapkan Bismillah Peparnas XVI Papua Tahun 2021 resmi saya Tutup.


Setelah mendengarkan sambutan dari bapak Presiden RI kemudian dilanjutkan dengan kegiatan penurunan bendera Peparnas dan National Paralympic Commite Indonesia yang kemudian melihat pemadaman Api Couldron.


Kemudian setelah melaksanakan penurunan bendera Peparnas dan bendera NPCI dilanjutkan dengan penyerahan bendera Peparnas XVI kepada tuan rumah Peparnas XVII nantinya.



Jayapura, 13 November 2021


Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua,