SATGAS BINMAS AJAK MASYARAKAT YAHUKIMO BERPERAN AKTIF JAGA KAMTIBMAS



 

Pewarta : Rahman.P


Jayapura – Suaraindonesia1.com

 Satgas Binmas Wilayah Yahukimo melaksanakan Program PEKA (Peduli Kamtibmas) dengan melakukan kunjungan dan mengimbau kepada masyarakat yang berada di Kampung Moruku, Distrik Dekai tentang Kamtibmas, Jumat (25/02).


Kedatangan dari anggota Satgas Binmas yang dipimpin langsung oleh Kakorwil Yahukimo Iptu Joni Linggi disambut baik oleh masyarakat distrik Dekai kabupaten Yahukimo.



Kakorwil Satgas Binmas Yahukimo menyampaikan kepada masyarakat untuk dapat bersama-sama dengan Kepolisian dalalm menjaga situasi dan keamanan di kabupaten Yahukimo, khususnya Kampung Moruku.


“Hindari kegiatan-kegiatan yang dapat merugikan diri sendiri ataupun orang lain, seperti mengkonsumi Miras, mencuri, berkelahi atau meminta sesuatu kepada orang lain secara paksa. Mari kita jaga bersama situasi Kamtibmas di kampung Moruku ini,” ucap Iptu Joni Linggi.


Lanjut Kakorwil, masyarakat juga diminta saat menerima sebuah informasi agar dapat memastikan kebenarannya terlebih dahulu guna mencegah kejahatan yang terjadi akibat mudah percaya pada Hoax atau berita palsu.


“Saat ini kita berada di era digital, dimana informasi berkembang begitu cepat. Oleh karena itu, jika mendapatkan berita atau sebuah informasi jangan mudah percaya, cek terlebih dahulu kebenarannya, karena terkadang informasi yang disebarkan oleh oknum masyarakat dimaksudkan untuk mengacaukan Sitkamtibmas atau memecah belah persatuan masyarakat,” ujar Kakorwil Binmas.


Dalam kesempatannya, salah satu masyarakat yakni bapak Markus Keykera menyampaikan terima kasih kepada Satgas Binmas Noken atas kunjungannya.


“Kami sangat senang dengan kunjungan dari Satgas Binmas yang telah memberikan imbauan-imbauan positif, saya bersama masyarakat kampung Moruku akan siap untuk membantu Kepolisian dalam menciptakan Sitkamtibmas,” ungkap bapak Markus.


Diakhir kegiatan, Satgas Binmas juga memberikan sarana kontak berupa alat olahraga sebagai bentuk kemitraan antara Polisi dengan masyarakat.


Sementara itu, Wakasatgas Humas Operasi Damai Cartenz-2022 AKBP Arif Irawan, S.H., S.I.K., M.H menyampaikan bahwa, Operasi Damai Cartenz-2022 melalui Program PEKA akan terus memberikan imbauan Kamtibmas kepada masyarakat, guna menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga Kamtibmas.


“Kamtibmas tidak hanya tanggung jawab dari Kepolisian, namun masyarakat pun harus ikut andil dalam terciptanya Kamtibmas itu sendiri dan melalui Program PEKA ini, kami ingin mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan, dimulai dengan tertib hukum dan tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang berkembang,” tutur Wakasatgas Humas.