Tingkatkan Kemampuan Konselor Psikologi, Polda Papua Gelar Sosialisasi






SuaraIndonesia1.com Jayapura – Wakapolda Papua Brigjen Pol Dr. Eko Rudi Sudarto, S.I.K, M.Si membuka kegiatan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Konselor Psikologi, Sosialisasi SIPP, 13 Komponen, RIM Terpadu dan Perumahan Anggota Polri Polda Papua T.A. 2022, Senin (21/03).


Adapun yang dihadiri oleh PJU Polda Papua tersebut dilaksanakan di Ballrom hotel Horizon Kota Jayapura.


Pada kesempatannya Karo SDM Polda Papua Kombes Pol Nanang Djunaedi, S.I.K.,M.M. mengatakan kita telah melakukan pelatihan kepada 2000 bintara remaja yang telah berada di Polda maupun Polres jajaran. diharapkan dengan kegiatan ini para perserta dapat menjadi Konselor yang akan melakukan pendampingan.


“Dalam kegiatan ini kita juga memberikan konseling kepada operator 13 komponen karena itu adalah database. Kita juga memberikan pemahaman terkait perumahan yang akan dibangun di koya karena perintah Kapolda untuk memberikan 1000 rumah untuk personel Polri sehingga kami melakukan MOU dengan Developer perumahan dan Bank BRI,” ucapnya.


Pada kesempatan yang sama Wakapolda Papua mengatakan sebagaimana yang kita ketahui bersama, permasalahan yang sering muncul didalam pelaksanaan tugas pokok Polri selama ini antara lain karena rendahnya kualitas SDM Polri, keterbatasan kemampuan dan profesionalisme personel Polri dalam melaksanakan tugas di lapangan. Sehingga tidak mampu bersaing dengan pesatnya seiring perkembangan situasi dan kondisi yang akhir-akhir ini terjadi di masyarakat.


“Adapun salah satu yang melatar belakangi hal tersebut adalah Masih banyak anggota polri yang memiliki beban tugas dan beban psikologis yang tinggi sehingga rentan mengalami stres. Dengan diadakannya pelatihan perwira konselor psikologi ini diharapkan akan lahirnya para konselor-konselor baru di tiap-tiap Satker dan Polres jajaran yang diharapkan kedepannya mampu menengani permasalahan psikologis para anggota Polda Papua,” ujar Wakapolda.


Brigjen Pol Eko melanjutkan organisasi ini menjadi besar itu tergantung dari kita, dalam strukturasi Antoni gidden kita adalah agen sedangkan jabatan kita seperti Wakapolda adalah agensi, diatasnya ada struktur seperti Satker atau struktur Polda Papua serta ada pula yang namanya dualitas yaitu saling berkomunikasi.


“Saya harapkan rekan rekan dapat menyerap beberapa yang telah saya sampaikan dari materi yang akan diberikan, Struktur Polri adalah struktur yang besar tetapi jika agennya tidak berkompeten maka akan runtuh,” pungkas Wakapolda Papua Brigjen Pol Dr. Eko Rudi Sudarto, S.I.K, M.Si. 


Jayapura, 21 Maret 2021

Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, .