Begini Tanggapan Ketua DPRD Mappi, Mengenai Letak Ibu Kota PPS



Mappi - Suaraindonesia1, Terkait letak Ibu Kota Provinsi Papua Selatan (PPS). Ketua DPRD Kabupaten Mappi Benedictus T. Paliling mengatakan, secara bersama-sama kita telah mengetahui bahwa letak ibu kota PPS direncanakan di distrik kurik tepat di wilayah kampung salor. Namun dengan melihat dari segi pelayanan yang nantinya benar-benar di inginkan oleh masyarakat dari empat (4) kabupaten yakni Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digoel harus betul-betul bisa menjangkau.


"Sehingga kami beranggapan bahwa, lokasi ibu kota PPS harus betul-betul di tempat yang strategis. Sebab kalau di tempat tersebut yang direncanakan, tentu untuk pelayanan bagi para pejabat dari empat kabupaten akan tetap berjalan baik karena difasilitas, lalu bagaimana dengan masyarakat yang nantinya mau bertemu para pejabat di PPS tentu mereka harus keluarkan biaya yang cukup besar," tutur Ketua DPRD Mappi, belum lama ini.


Dirinya berharap, agar lokasi ibu kota PPS dapat di sepakati dan dibicarakan ulang secara bersama-sama, karena dinilai kurang strategis dan sangat jauh dari jangkauan beberapa kabupaten di Provinsi Papua Selatan, dari jangkauan terutama masyarakat. Maka kalau bisa Ibu Kota PPS harus strategis dan ada ditempat yang lebih mudah dijangkau oleh masyarakat dari kabupaten Mappi, Asmat dan Boven Digoel.


"Kalaupun ibu kota PPS nanti di tempat tersebut yang telah direncanakan, maka sangat diharapkan agar pembangunan dalam berbagai aspek baik pendidikan, kesehatan dan pembangunan lainnya harap bisa merata di kabupaten lain. Dan jangan hanya terpusat di kabupaten Merauke sebagai ibu kota provinsi," tegasnya.


Ia tegaskan, jika ada ruang dalam menyepakati dan membicarakan letak ibu kota provinsi, maka harapan saya kalau bisa kita duduk bersama-sama dari empat kabupaten ini. Supaya pelayanan pembangunan di empat kabupaten bisa dirasakan secara merata oleh masyarakat di PPS. (Red)