Pemilihan Ketua Karang Taruna Garuda Muda Giri Maju Sukses




Pasbar|Suaraindonesia1 - Pemilihan Ketua Karang Taruna Garuda Muda Giri Maju sukses, dan  berlangsung secara demokrasi, hal ini terlihat berdasarkan pantauan langsung media ini saat menghadiri acara pemilihan yang dilaksanakan di Aula Kantor KPS Maju Nagari Giri Maju Kecamatan Luhak Nan Dua Kabupaten Pasaman Barat pada Jumat, (13/01/2022). 


Pemilihan yang dilaksanakan setelah pengurus lama berakhir atau habis priodenya ini berlangsung cukup meriah dan ramai, bahkan antusias kehadiran para generasi muda untuk menggunakan hak suara pada saat pemilihan berlangsung terlihat juga dihadiri ratusan warga lainnya sebagai peninjau. 



Dari seratus peserta yang direncanakan untuk ikut memilih, ternyata walaupun hanya 90 yang hadir sebagai peserta untuk menggunakan hak pilihnya, namun suasana tetap berlangsung meriah dalam suasana Demokrasi badunsanak. 


Adapun kandidat pemuda yang ikut mendaftar untuk mengajukan diri sebagai Ketua ada berjumlah tujuh orang Calon, dan para kandidat ini adalah utusan pemuda terbaik Nagari Giri Maju yang terdiri dari perwakilan 10 dusun yang ada di Nagari Giri Maju.


Mereka yang terlihat siap ikut berkompetisi dalam ajang pemilihan langsung tersebut adalah, Fendi, Fadhly Chudri, Heriyanto, Ahmad Iqbal, Rony G. Muhammad Iqbal, dan Dony Frengki. 



Pemilihan yang berlangsung secara Demokrasi terlihat tertib, damai dan meriah tersebut, selain dihadiri oleh seluruh kandidat calon Ketua Karang Taruna, juga terlihat hadir Pj.Wali Nagari beserta perangkatnya, Kepala Jorong Giri Maju bersama mantan Ketua Karang Taruna, Tokoh Pemuda dan tokoh-tokoh masyarakat lainnya, tokoh Agama serta para pemuda-pemudi sebagai peserta yang berhak ikut memilih utusan dari masing-masing dusun yang ada di Giri Maju, terlihat juga dihadiri Pengurus KPS Maju dan KPS Makmur, termasuk Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas. 


Adapun kepengurusan Karang Taruna Giri Maju ini dipilih melalui voting oleh 90 Pemuda anggota Karang Taruna yang berhak dan merupakan perwakilan dari dusun yang ada di Nagari Giri Maju.


Dalam pemilihan yang diadakan di Aula Kantor KPS Maju Giri Maju tersebut, akhirnya berdasarkan dari hasil penghitungan suara, Doni Frengki berhasil mengungguli kandidat lainnya dengan perolehan suara sebanyak 30 suara, kemudian disusul oleh Rony H. dengan 17 suara, Heriyanto 14 suara, Fadhly Chudri 11 suara, Ahmad Iqbal 9 suara, Muhammad Iqbal 6 suara dan Fendi 2 suara, serta satu suara hangus. 


Selanjutnya, Dony Frengki dinobatkan sebagai Ketua Karang Taruna Nagari Garuda Muda Giri Maju masa bhakti 2023- 2028.



Seusai pemilihan berlangsung, Pj. Wali Nagari Giri Maju,Ratna Sari dalam sambutannya menyampaikan, Karang Taruna adalah Lembaga Kepemudaan yang di dalamnya terdapat fungsi-fungsi khusus yang bertujuan untuk memajukan Nagari nya. 


Menurutnya, pemilihan Ketua Karang Taruna yang dilaksanakan secara demokrasi ini bertujuan agar para pemuda pemudi bisa menentukan Pemimpin yang bisa mengayomi dan berinovasi bagi generasi muda di daerahnya, terutama dalam berbagai aksi sosial dalam menciptakan kenyamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.


"Peran generasi muda saat ini sangat penting dalam mendukung lajunya pembangunan Nagari, apalagi Nagari Giri Maju saat ini sudah menjadi Nagari Defenitif," ujarnya. 


Selaku Dewan Penasehat, Pj. Wali berharap kepengurusan Karang Taruna Garuda Muda Nagari Giri Maju yang baru mampu bergerak aktif dan mandiri dalam setiap kegiatan dengan satu tujuan, yaitu membantu dan mendukung Program Kerja Pemerintahan Nagari untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Giri Maju. 


“Karang Taruna dan Pemerintahan Nagari harus bekerja bersama dalam memajukan Nagari. Oleh karena itu ke depan Karang Taruna diminta proaktif untuk mengadakan berbagai kegiatan positif bagi kepemudaan,” harap Ratna. 


Sementara anggota Bhabinsa yang juga sebagai Dewan Pembina, mengapresiasi pemilihan Ketua dan Pengurus Karang Taruna Garuda yang berjalan aman dan lancar.


“Kami sangat berharap, kedepan pengurus Karang Taruna Mitra Garuda Muda ikut berperan dalam memajukan daerah, demikian juga membantu pihak keamanan dalam menjaga kamtimbas di Nagari Giri Maju ini,” ujarnya. 


"Selamat kepada Doni Frengky sebagai Ketua Karang Taruna terpilih, kita berharap ke depannya pengurus terpilih dapat bekerjasama dan bersinergi dengan pemerintah Nagari Giri Maju dan seluruh lapisan masyarakat serta berinovasi dalam segala kegiatan sosial, sehingga program kerja Karang Taruna dapat dirasakan oleh masyarakat setempat," pintanya.


Kepala Jorong Giri Maju, Danang Panjiwana juga mengapresiasi Pemuda karena telah berani menjadi pelopor Demokrasi di Giri Maju.  


“Mudah-mudahan Nagari Giri Maju setelah terbentuk kepengurusan Karang Taruna yang baru bisa eksis dan aktif membangun SDM Pemudanya," kata Danang. 


Dikatakannya, dalam menjalankan program Karang Taruna nantinya akan didukung oleh seluruh tokoh masyarakat, khususnya pemerintahan Nagari dan Badan Permusyawaratan Desa atau yang biasa di sebut Bamus. 


Harapannya, hal ini akan dapat menunjang optimalisasi pembangunan Nagari Giri Maju. 

Semoga dengan aktifnya kembali Karang Taruna yang didominasi anak-anak muda ini, diharapkan mampu menjadi ujung tombak pembangunan di Nagari Giri Maju yang baru dimekarkan dan telah menjadi Nagari defenitif. 


“Seperti yang kita harapkan, Karang Taruna harus menjadi ujung tombak dalam pembangunan Nagari nya,” harap Danang. 


Agar keberadaan Karang Taruna benar-benar memiliki dampak positif dan bisa dirasakan di tengah kehidupan masyarakat, Danang berpesan, dengan telah terpilihnya ketua pada hari ini, kita minta untuk segera melengkapi struktur lainnya.


Danang juga berpesan, Ketua terpilih bersama kandidat yang ada, dapat segera merumuskan pengurus baru, agar bisa mengemban amanah dengan baik dan penuh rasa tanggung-jawab serta memiliki komitmen untuk memajukan organisasi Karang Taruna di Nagari Giri Maju.


"Semoga pengurus baru ini, nantinya dapat lebih maju dan sejahtera, ini menjadi langkah awal untuk mengoptimalkan dan menghidupkan serta membawa Karang Taruna ke arah lebih baik," Ujarnya. 


Pada kesempatan itu, Ketua Terpilih Karang Taruna Nagari Giri Maju, Dony Frengki mengucapkan terima kasih atas dukungan dari seluruh lapisan masyarakat khususnya para generasi muda yang telah memberikan kepercayaan dan amanah untuk dirinya dalam menjalankan roda organisasi anak muda di Nagari Giri Maju.


"Pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna merupakan pagar nagari, berperan aktif dalam segala aksi sosial di tengah masyarakat. Untuk itu, kita memohon juga saran dan masukan dari para tokoh masyarakat agar kami bisa bekerja secara maksimal dalam program-program kerja yang bermanfaat untuk masyarakat Nagari Giri Maju," harap Dony. 


Dony Frengki juga menyampaikan, masa pengurusan Karang Taruna yang lama memang sudah berakhir. Maka dari itu, dalam waktu dekat ia akan segera mengisi struktur baru tersebut bersama rekan-rekan lainnya. 


"Dengan telah terpilihnya saya sebagai ketua dan ini merupakan amanah yang harus saya emban, makanya dalam waktu dekat dan secepatnya InsyaAllah struktur kepengurusan akan kita lengkapi dan isi dengan rekan-rekan yang mampu bekerja sama, hingga bisa mendorong program-program Karang Taruna, baik program dari kabupaten, kecamatan sampai basisnya di Nagari kita Giri Maju ini," ungkap Dony. 


Ditegaskannya, keberadaan Karang Taruna ini merupakan mitra pemerintah,terutama pemerintahan Nagari Giri Maju sebagai sosial kontrol, terutama dalam menciptakan program yang pro peningkatan ekonomi masyarakat. 


"Sebagai petugas sosial, dan diandalkan pemerintah sebagai sosial kontrol. Tentunya, perlu menjadi mata telinga pemerintah. Terlebih, Giri Maju merupakan Nagari yang baru defenitif yang telah dimekarkan dari Nagari induk Koto Baru, tentu banyak potensi yang bisa kita kembangkan. Maka dari itu, saya harapkan struktur pengurus yang akan kita lengkapi nanti terdiri dari rekan-rekan generasi muda yang energik hingga bisa bersinergi dengan pemerintah,"tutup Dony. 


Terpisah, terkait suksesnys pemilihan Ketua Karang Taruna di Giri Maju, media ini coba menghubungi, Zulkifli Nasution sebagai anggota BPD atau Bamus Nagari Koto Baru Perwakilan Giri Maju, di ruangan kerjanya di Koto Baru. 


Saat dikonfirmasi, Zulkifli Nasution mengatakan, Karang Taruna sebagai organisasi Kepemudaan di Indonesia yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh, dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab, tentu memiliki peran dalam pembangunan masyarakat, terutama pada peningkatan potensi dan peran aktif generasi muda dalam pembangunan di bidang kesejahteraan sosial.


Dikatakannya, pihaknya bersama Bamus Koto Baru berharap, Karang Taruna Garuda Muda segera membuat program yang menyentuh langsung ke masyarakat, seperti yang telah dicanangkan oleh pemerintah, dalam hal ini kementerian sosial. 


"Bamus Nagari akan terus mengawal program-program yang dicanangkan baik di tingkat Nagari maupun kecamatan.Makanya, harapan kita Karang Taruna Giri Maju ini segera merumuskan apa program kerjanya untuk kemajuan Nagari," harap Zulkifli.


Zulkifli Nasution mengatakan, ke depannya, setelah pembentukan pengurus lengkap, kita sarankan agar Karang Taruna Garuda Muda ini juga dibekali dengan pelatihan kepemimpinan. 


Sebab menurutnya, salah satu misi keberadaan Karang Taruna adalah menjadikan anggota Karang Taruna untuk menjadi kader pemimpin masa depan yang dapat diandalkan


"Sebagai organisasi kepemudaan Indonesia yang hidup dan berkembang di tengah masyarakat, Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung-jawab dari, oleh dan untuk masyarakat, khususnya generasi muda di Nagari/desa atau komunitas sosial sederajat lainnya," terangnya. 


Oleh karena itu, Karang Taruna diharapkan mampu mengembangkan serta mencarikan solusi terhadap setiap permasalahan kesejahteraan sosial, perekonomian, serta kamtibmas termasuk penguatan integritas dan moral anak bangsa.


Berdasarkan hal itulah, kita di Bamus tentu menyambut baik dan mengapresiasi atas terlaksananya pemilihan pengurus Karang Taruna Nagari Giri Maju ini.


"Semoga Karang Taruna Giri Maju di bawah kepemimpinan Doni Franky dapat menjadi role model di Pasbar dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan terampil, selamat melaksanakan amanah kepada Ketua terpilih," ucap Zulkifli Nasution mengakhiri. 


Keterangan Foto : 

1. Hasil perhitungan suara

2. Peserta pemilih terlihat tertib

3. Tujuh kandidat duduk di depan bersama Petinggi Nagari Giri Maju

4. Tamu undangan lainnya


(Redaksi 01)