KONI Papua Serahkan Dokumen ke Freeport.





Jakarta-Suaraindonesia1.com. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua, Senin,15 Mei 2023, secara resmi menyerahkan dokumen kerjasama pembinaan prestasi atlet Papua kepada PT Freeport Indonesia, di Kantor Pusat Freeport Indonesia, Jakarta.


Penyerahan dokumen kerjasama pembinaan  prestasi atlet Papua itu oleh  Ketua Umum KONI Papua Dr.Kenius Kogoya dan diterima Arland Suruan,External Outreach CorCom PT Freeport Indonesia .


“Proposal pembinaan prestasi telah diserahkan ke pihak PT Freeport untuk ditindaklanjuti. Kita tunggu untuk mendapat analisis dan respon dari PT Freeport,”ungkap Kenius kepada pers, Selasa, 16 Mei 2023.



Kenius optimis PT Freeport mendukung pembinaan prestasi di Tanah Papua, karena selama ini perusahaan Amerika Serikat itu telah banyak menopang  pembangunan dan penyelenggaraan dunia olahraga di Bumi Cenderawasih.


“PT Freeport sangat berperan besar dalam pembangunan olahraga di Papua. Kami optimis mendapat dukungan dari Freeport untuk melanjutkan pembinaan prestasi di tanah Papua,”ujarnya.


Penyerahan dokumen proposal kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan KONI dan PT Freeport tanggal 02 Mei 2023, di Kantor Pusat Freeport Indonesia, Jakarta. Dimana dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak sepakat melanjutkan kerjasama pembinaan prestasi atlet-atlet terbaik Papua.


Wakil Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Jenpino Ngabdi menyampaikan kepada KONI untuk secepatnya mengajukan permohonan kegiatan dan kerjasamanya kepada Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia.


Kenius Kogoya dalam pertemuan itu menyampaikan agar kerjasama berkelanjutan antara PT Freeport dan KONI Papua terkait pembinaan atlet Papua, sponsorship dari setiap perusahaan sub kontraktor di Freeport menjadi bapak angkat cabang-cabang olahraga serta kesejahteraan pelaku olahraga.


“Kita semua tahu bahwa Freeport menjadi sponsor utama tim kebanggaan Papua Persipura Jayapura. Selain itu, juga menjadi sponsorship utama saat PON XX Papua lalu. PT Freeport juga membangun  venue olahraga di Timika bertaraf internasional seperti Mimika Sport Center  dan venue lainnya. Kami bersyukur  karena Freeport tetap melanjutkan dukungan untuk pembinaan atlet-atlet terbaik kita,”ujarnya.


Menurutnya, dukungan lanjutan kepada pembinaan atlet Papua ini sudah berjalan dengan dilaksanakannya Pelatihan Nasional (Pelatnas) Atletik di kompleks Mimika Sport Center, Kabupaten Mimika. Freeport juga bakal memberikan donasi sponsorship bagi atlet Papua untuk tampil di event olahraga nasional maupun internasional.

Jurnalis: Mochtar