BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Masyarakat Desa Wailangira Resah, Beberapa Bidan Desa Tak Tempati Polindes


Kodi Balaghar - Suaraindonesia1, Sejumlah Pondok Bersalin Desa (Polindes) di Kecamatan  Kodi Balaghar, Kabupaten  Sumba barat daya  tidak dihuni atau ditempati oleh bidan desa. Padahal, Polindes itu berfungsi untuk pelayanan pertolongan pertama bagi masyarakat desa untuk bersalin atau pengobatan.


Kondisi ini tentu saja membuat masyarakat resah apabila nantinya mengalami sakit. Bahkan ketidakditempatinya Polindes tersebut menuai pertanyaan dari kalangan masyarakat setempat.



“Apakah dapat diperbolehkan Bidan Desa tidak menempati Polindes,” tanya warga. Ia pun mengakui jika warga ingin obat lebih sering membelinya ke  ke Kios  terdekat.


“Habis bagaimana kami mau berobat kalau sakit, sedangkan Polindes itu saja lebih sering tutup ketimbang buka. Mau tidak mau terpaksalah kami membeli obat ke  ke Kios  itu, karena kami sangat takut akan sakit,” kata warga yang tidak mau dituliskan identitas itu .


Ia juga menyatakan percuma saja Polindes itu dibangun kalau bidan  desanya tidak menetap di Polindes itu.

Menyikapi keresahan warga itu, Ketua  Lembaga adat) Desa Waikara, Kecamata Kodi Balaghar Kabupaten .Sumba barat daya . Ia pun meninjau ke setiap desa yang ada di Kecamatan  Kodi Balaghar  di antara 14 Desa  tak ada satupun Tenaga Bidan Desa yang Huni polindes.


“ Semoga Dengan adanya keluhan warga, .Pihakak Dinas Kesehatan .Kabupaten Sumba barat daya bisa  langsung mentelusuri di setiap desa, apa memang betul  memang betul adanya. Polindes itu tidak ditempati,” ucap .Ketua lemba adat desa Waikara (11/5)2023


Disebutkan dia, sebagaimana hasil peninjauan Dinas Kesehatan   Kabupaten Sumba barat daya,Jika ditemukan ada beberapa Polindes tak ditempati bidan desa. Seperti Polindes Desa Waikarara, , dan masih ada Polindes yang lainnya

  Melihat kondisi tersebut, kiranya Bupati.Kornelius Kodi Mete,agar mengambil tindakan tegas kepada Bidan Desa dan Kapus (kepala Puskesmas) Kecamatan  yang tidak menempati Polindes.


” Kita minta Bupati  dr.Kornelius Kodi Mete memberi sanksi kepada bidan Desa dan Kapus yang tidak menempati Polindes,” pungkasnya. Warga (Liputan Tibo Suaraindonesia1)

« PREV
NEXT »