Terima Kunjungan Basarnas, Bupati Saipul Dukung Pembangunan Shelter


Suaraindonesia1, Pohuwato - Kunjungan Badan SAR Nasional (Basarnas) Gorontalo, diterima secara langsung oleh Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, Selasa (16/05/2023)


Dalam lertemuan tersebut, Bupati Saipul mendukung penuh pembangunan shelter untuk alat utama (Alut) dari pada perahu karet RIB milik Basarnas Gorontalo.


Diketahui, Rigid Inflatable Boat (RIB) milik Basarnas Gorontalo saat ini telah ada dan bersandar di salah satu pelabuhan yang ada di Pantai Pohon Cinta Marisa yang pada April kemarin telah diuji coba oleh Bupati Saipul Mbuinga bersama Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo, Heriyanto, S.Adm.

Hanya saja RIB tersebut terasa tidak nyaman karena tidak ada tempat untuk berteduh, sehingga dari hasil pertemuan April kemarin, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo, Heriyanto, S.Adm bertemu dengan Bupati Pohuwato Saipul Mbuinga yang diterima di rumah jabatan bupati.

Dari pertemuan itu, Bupati Saipul sangat mendukung penuh pembangunan shelter dan berjanji akan membantu Basarnas Gorontalo untuk keamanan dari pada perahu karet tersebut.

"Ya, insyaallah permohonan bantuan selter ini akan dimasukkan pada APBD-Perubahan 2023. Karena bangunan untuk tempat berteduh dari pada mesin karet ini begitu dibutuhkan untuk keamanan dan kenyamanannya, sehingga kapal tersebut bisa bertahan lama. Belum lagi RIB ini telah ada dan bersandar di Pohuwato serta sudah banyak membantu masyarakat kita yang terkena musibah di lautan,"ungkap bupati.

Olehnya, Bupati Saipul Mbuinga berharap kiranya bersabar sedikit dan proposal bantuan ini akan ditindaklanjuti untuk di masukan pada APBD Perubahan dan ini akan menjadi perhatian pemerintah daerah.  

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Gorontalo, Heriyanto, S.Adm dikonfirmasi menjelaskan bahwa maksud pertemuan dengan bupati ​P​ohuwato dalam rangka koordinasi terkait dengan bantuan pembangunan shelter untuk alut.

“Kedatangan kami kesini untuk berkoordinasi terkait dengan alut kami, kapal kami yang ada di marisa. Bantuan dalam bentuk proposal ini untuk pengajuan kami ke bapak bupati. Ini juga untuk menindaklanjuti kedatangan kami pada April kemarin yang bertemu langsung dengan pak bupati​," ​terangnya.

Menurut Heriyanto, apabila selter tersebut sudah terbangun maka kapal yang bersandar di samping masjid sujud akan aman terutama dari terik matahari.

“Alhamdulillah pak bupati berkenan membantu kami dalam hal untuk pemeliharaan alut kami yang ada di sini. Karena alat tersebut di samping untuk kebutuhan masyarakat juga terbilang harganya lumayan mahal, sehingga dibutuhkan selter untuk pengamanannya. S​h​elter itu nantinya akan dibangun di samping ​M​asjid ​S​ujud ​P​antai ​P​ohon ​C​inta ​M​arisa​," ​pungkasnya. (Abd/Ricky D)