Tindak Lanjuti Rekomendasi DPRD, Bupati Saipul Rapat Bersama Dikes


Suaraindonesia1, PohuwatoBeberapa poin usulan yang menjadi rekomendasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pohuwato terhadap beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) langsung diseriusi Bupati Saipul A. Mbuinga.


Dimana pada Senin (12/06/2023), Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga menggelar rapat bersama sernap jajaran Dinas Kesehatan (Dikes) Pohuwato yang termasuk dalam OPD yang menerima rekomendasi.


Didampingi Kadis Kesehatan, Fidi Mustafa, Bupati Saipul Mbuinga menjelaskan bahwa kunjungan ke beberapa OPD adalah tindaklanjut usulan rekomendasi dari DPRD pada paripurna LKPJ untuk target RPJMD Kabupaten Pohuwato.


“Ada beberapa catatan yang perlu menjadi perhatian bersama mulai dari kadis, sekretaris, kabid dan jajaran lainnya,” ujar Saipul.


Diakui ada beberapa poin yang direkomendasikan DPRD Pohuwato :

1. Agar dapat mengoptimalkan pendampingan dan sosialisasi terhadap masyarakat dengan masih rendahnya kesertaan keluarga berencana di wilayah persinggah, terpencil, perbatasan, dan pemukiman padat penduduk serta rendahnya kualitas polemik keluarga berencana dalam memberikan konseling kesehatan, reproduksi dan lain-lain.


2. DPRD menekan penurunan angka stunting di Pohuwato.


3. Mengevaluasi beberapa faktor yang mengakibatkan tingginya angka kematian ibu dan anak. Antaranya belum maksimalnya edukasi terhadap risiko kematian ibu dan anak bila penanganan ibu melahirkan dilakukan oleh dukun bayi, serta begitu sulitnya mendeteksi ibu hamil pada kehamilan usia muda kesatu semester satu.


4. Perlu melakukan peninjauan kembali terhadap beberapa puskesmas dari rawat jalan ke rawat inap.


Menurut Saipul, penurunan angka stunting yang diharapkan dan sudah didapat jangan sampai naik lagi, karena Pohuwato sudah mampu menurunkannya secara drastis. Paling tidak bisa turun lagi sehingga stunting di Pohuwato setiap tahun bisa ditekan.


“Beberapa poin yang menjadi rekomendasi dari DPRD perlu disikapi dan dioptimalkan. Kita berharap kedua lembaga ini bagaimana bisa seiring sejalan dalam pelaksanaan tugas dan program ini. Kalaupun ada dinamika di DPRD yang harus dihadapi maka perlu ada masukan pula dari jajaran yang ada dalam rangka kita menjalankan program tersebut,” jelas Saipul.


Terakhir ia menambahkan bahwa apa yang menjadi kebijakan pemerintah tentu pula ada masukan dari berbagai pihak termasuk dari pemerhati kesehatan.


“Sekali lagi untuk menciptakan satu hasil yang maksimal mari bersama merembuknya, membicarakan secara bersama agar kerja-kerja kita baik antara pimpinan dan staf serta sebaliknya bisa seirama dan sejalan sehingga program tersebut terlaksana dengan baik,” tandas Saipul.


Sementara itu Kadis Kesehatan, Fidi Mustafa menjelaskan bahwa apa yang disampaikan bupati akan ditindaklanjuti dan menjadi perhatian.


“Ia, setelah pertemuan dengan bupati kami akan menyelesaikan apa yang menjadi penekanan bupati atas rekomendasi DPRD Pohuwato,” katanya singkat. (Abd)